Jenis-Jenis Adjective dalam Bahasa Inggris

9 September 2016 Tutorial Bahasa Inggris   |    Iman Prabawa


Pada sharing belajar bahasa Inggris kita kali ini saya mau sharing mengenai jenis-jenis adjective dalam bahasa Inggris. Ada beberapa jenis kebetulan yang termasuk ke dalam adjective ini. Yuk mari kita bahas aja, ada apaan aja sih di dalam keluarga adjective itu?

Adjectives of Qualities

Adjective-adjective ini digunakan untuk menggambarkan sebuah noun. Adjective ini memberikan gambaran seperti apa karakteristik dari sebuah noun yang dia terangkan.

Kalau kita lihat a cold drink, dimana yang bertuliskan dengan tulisan ditebalkan menjelaskan mengenai seperti apa kondisi minumannya, dimana dalam hal ini minumannya adalah minuman dalam keadaan dingin.

Contoh lainnya adalah a fierce dog, dimana fierce disini adalah termasuk ke dalam adjective of qualities yang mana kata adjective fierce ini menerangkan mengenai anjing ini. Anjing galak, nah kata galak(fierce) ini jelas-jelas menggambarkan si anjingnya. Contoh-contoh lain dari adjective of qualities ini antara lain a beautiful rainbow, a clever monkey, a difficult question, happy children, a kind lady, a new car, an old house, a pretty girl, a rich family, a sad story, a strong man, a wicked queen. Dimana kata yang saya tebalkan itu termasuk ke dalam adjective of qualities.

Oke kita lanjut lagi ke pembahasan kita yang berikutnya yaaa..

Adjectives of Origin

Beberapa adjective menerangkan mengenai darimana orang atau benda itu berasal. Atau adjectives of origin ini menerangkan darimana sebuah noun itu berasal.

Chinese kungfu, dimana Chinese ini adalah adjective of origin karena dia menjelaskan mengenai asal kungfu itu.

Contoh lainnya a Mexican hat. Nah kata mexican itu merupakan adjective of origin, karena dia menerangkan mengenai asal dari topi tersebut, yaitu asalnya adalah dari negara Mexico.

Adjective juga ada yang menjelaskan mengenai warna dari sebuah benda. Seperti "Please get me some white paint", dimana white disitu menerangkan mengenai warna cat yang diminta yaitu warna putih.

Kemudian ada juga adjective yang menerangkan mengenai ukuran, seperti "a huge balloon" dimana kata huge adalah adjective yang menjelaskan mengenai ukuran si balon tersebut yang mana ukurannya adalah besar.

Adjectives of Quantity

Adjectives of Quantity adalah kata-kata yang menjelaskan mengenai jumlah dari sebuah noun. Kita lihat contohnya misalnya terlihat pada gambar di bawah ini.


Nah kalau kita lihat pada gambar di atas, kata jumlah dalam bahasa Inggris sebelum noun-nya adalah termasuk ke dalam adjectives of quantity. Namun ada juga adjective of quantity yang tidak menjelaskan berapa jumlahnya, seperti a lot of books.

Nah "a lot of books" itu kan ngga jelas berapa jumlah dari bukunya, yang jelas bukunya itu banyak. Adjective yang menjelaskan mengenai jumlah ini disebut juga dengan sebutan quantifying determiners.

Nah kira-kira seperti itu pembahasan kita mengenai jenis-jenis adjective dalam bahasa Inggris. Membuat teman-teman merasa bahasa Inggris semakin susah kah? Ngga ya seharusnya. Ini buat pengetahuan teman-teman aja, karena kalau kita sudah berbicara dalam bahasa Inggris kan kita tidak ditanya, tadi itu yang kamu bicarakan termasuk adjective apa?

Kalimatnya termasuk kalimat apa? Ngga kan? Kecuali kalau teman-teman memang berminat masuk ke jurusan sastra Inggris atau mendalami mengenai bahasa Inggris, baru deh pertanyaan seperti itu akan keluar dan ditanyakan. Tapi kalau teman-teman hanya ingin bisa berbahasa Inggris, hal ini tidak terlalu penting, dalam artian ini sebagai pengetahuan kita saja.

Kalau teman-teman berniat untuk menyusun kalimat yang bagus, dan kata-kata yang bagus, memang grammar itu menjadi penting. Seperti kita di bahasa Indonesia, kalau kita ingin menulis sebuah artikel yang memenuhi syarat EYD yang benar, ya kita memang harus belajar mengenai aturan-aturan yang ada di dalam bahasa Indonesia.

Bisa saja tulisan saya ini secara EYD Bahasa Indonesia ngga memenuhi syarat, mungkin saya harus menggunakan kata "tidak" ketimbang kata "ngga" karena kata ngga itu terkesan lebih tidak formal. Nah kira-kira seperti itu teman-teman, semoga teman-teman mendapatkan gambaran mengenai belajar bahasa Inggris ya.

Sampai ketemu di sharing saya yang berikutnya mengenai pembelajaran bahasa Inggris. See you guys..

Salam hangat,

Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)