Ingin Menguasai Kosakata? Biasakan Cara Ini!



Salah satu hal yang penting untuk menguasai tenses dalam bahasa Inggris adalah dengan menguasai kosakata pada bahasa Inggris. Namun untuk menguasai semua kosakata bahasa Inggris tidak semudah membalikan telapak tangan. Biasanya jika menemukan kosakata yang belum dipahami, bisa saja menurunkan semangat untuk menguasai kosakata.

Sebenarnya dalam menguasai kosakata bisa dilakukan dengan kebiasaan. Kebiasaan inilah yang harus kita rubah dan ditekuni untuk menguasai kosakata tersebut. Nah, apa saja yang harus kita lakukan untuk membentuk kebiasaan yang dimaksud? Berikut beberapa kebiasaan yang dapat kita lakukan untuk menguasai kosakata!

1. Sering latihan kosakata
Mempelajari sebuah kata tidak akan memberikan efek apa-apa jika Anda mudah lupa atau melupakannya. Penelitian menunjukkan bahwa dalam mempelajari kosa kata diperlukan 10 hingga 20 kali pengulangan untuk membuat kata tersebut melekat dalam ingatan.

Anda dapat mencoba untuk menuliskannya, mungkin di buku yang bisa Anda baca lagi kemudian. Baca ulang kosa kata tersebut secara rutin untuk mengetahui apakah Anda sudah lupa dengan kosakata baru tersebut atau belum.

2. Biasakan mencari tahu arti dari kosa kata yang belumketahui.
Jika Anda memiliki program kamus di computer Anda, gunakanlah. Sudah terdapat pula banyak kamus-kamus online di internet yang dapat dengan mudah Anda gunakan seperti sederet.com, google translate, thesaurus, dll. Gunakanlah thesaurus jika Anda sedang menulis dan ingin menemukan kata yang paling tepat untuk hal yang Anda maksud.

3. Lakukan tes perbendaharaan kata
Ujilah pengetahuan Anda tentang kata-kata bahasa Inggris yang Anda pelajari. Terdapat banyak situs-situ online yang menyediakan soal-soal tentang vocabulary.

4. Bermain kata.
Permainan scrabble, boggle, atau crossword puzzles adalah jenis permainan kosa kata bahasa Inggris yang dapat ANda gunakan untuk meningkatan kemampuan kosa kata Anda. Selain dapat membantu Anda dalam belajar, permainan-permainan tersebut juga sangat menyenangkan.

5. Membaca
Sebagian besar kosa kata bahasa Inggris dipelajari berdasarkan konteksnya. Semakin banyak kata yang Anda pelajari, semakin baik pula pemahaman kosa kaa yang Anda miliki. Ketika Anda membaca, perhatikan dengan seksama kata-kata yang tidak Anda ketahui artiya. Pertama, cari tahu artinya melalui konteks. Kemudian lihat kepada arti kata itu sendiri. Baca dan dengarkan materi yang menantang sehingga Anda dapat memahami banyak kosa kata baru.

6.Tingkatkan kemampuan Anda dalam membaca dan memahami suatu konteks.
Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas kata dipelajari dari konteksnya. Untuk meningkatkan kemampuan kontekstual Anda, perhatikanlah bagaimana kata tersebut digunakan.

7. Buatlah banyak asosiasi atau hubungan yang mungkin.
Sebutkan kata tersebut dengan keras untuk memngaktifkan ingatan audio Anda. Contohnya kata beautiful yang memiliki arti sama dengan kata pretty, lovely, dll.

8. Gunakan daftar perbendaharaan kata.
Bagi pembelajar yang serius, terdapat banyak buku yang berfokus pada kosa kata yang biasanya kita temukan dalam tes-tes yang telah distandarisasi seperti SAT dan GRE. Juga terdapat banyak situs kosa kata yang menarik di internet. Beberapa diantaranya dapat mengirim Anda sebuah kata perhari melalui email.

Oleh: Albert S
(Dikutip dari caramudahbelajarbahasainggris.us)