Ingin Fasih dalam Speaking? Coba Langkah Berikut!

16 Desember 2013 Tutorial Bahasa Inggris


Pernahkan anda mengunakan bahasa Inggris ketika memulai pembicaraan dengan teman atau orang-orang disekitar anda? Apa yang anda rasakan pertama kali ketika memulai percakapan menggunakan bahasa Inggris? Ya, bagi orang yang sudah fasih hal ini pun tidak menjadi masalah yang berarti namun bagi yang belum dan ingin mencoba tentu pertama kali yang dirasakan adalah gugup karena takut salah kata dan pengucapan.

Ya, terlintas ketika kita mengadakan pembicaraan dengan bahasa Inggris mungkin ada perasaan ingin mengucapkan namun tidak tahu apa yang harus diucapkan. Padahal sebenarnya bisa mengerti apa yang dimaksud oleh lawan bicara anda. Dengan teman bisa gugup, bagaimana dengan penutur aslinya?

Tenang saja, karena ada beberapa langkah-langkah yang harus anda kuasai agar lancar ketika berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris.

1. Belajar Secara Mendalam
Belajarlah secara mendalam untuk dapat bicara dengan mudah. Pelajari tiap kata, tiap frase secara mendalam agar benar-benar tersimpan dalam ingatan, tidak hanya mengerti/mengingat arti atau belajar hanya untuk ujian. Belajar secara cepat hanya membuat kita cepat lupa apa yang telah dipelajari.
Bagaimana mendalami pelajaran bahasa Inggris? caranya pelajari/dengarkan tiap materi berkali-kali. Apa bila punya audio book pelajari 3 kali sehari selama 10 hari.

2. Dengarkan Cerita Pendek yang Sama yang Disampaikan dengan Waktu (Tenses) yang Berbeda.
Kita harus mampu menggunakan grammar yang benar. Lalu bagaimana caranya? Pertama belajar grammar secara natural.
Caranya mendengar satu cerita pendek yang sama yang disampaikan dengan menggunakan waktu (tense) yang berbeda-beda, cerita ini dinamakan Point Of View Stories.
Contoh:

Pertama mendengar cerita yang menggunakan Present Tense Setiap hari, Setelah setelah benar-benar paham dan melekat diingatan, mendengar cerita yang sama lagi tapi yang menggunakan Past Tense (Begitu seterusnya menggunakan tenses yang berbeda).

3. Belajar Bahasa Inggris tidak terpaku pada buku saja
Apakah anda sudah banyak belajar bahasa inggris , namun masih bermasalah memahami perkataan orang inggris?
Sebenarnya hal tersebut tidak salah, melainkan adalah metode belajar yang kita gunakan selama ini yang hanya belajar bahasa inggris berdasarkan Buku (Text book English). Maka dari itu kita harus belajar bahasa inggris yang sebenarnya bukan Text Book (walaupun yang disampaikan dalam Kaset atau CD).
Materi belajar berdasarkan buku,tidak sama dengan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk dapat paham apa yang sampaikan, maka kita harus melakukan apa yang biasa mereka lakukan. Mendengarkan apa yang biasa mereka dengan, menonton apa yang mereka biasa tonton, membaca apa yang biasa mereka baca. Untuk dapat berbicara/memahami dengan apa yang dibicarakan dalam bahasa inggris harus biasakan mendengar.

4. Gunakan metode Mendengarkan dan Menjawab Cerita Singkat (Listen and Answer Min Story) bukan Mendengar dan Mengulang (Listen and Repeat).
Metode belajar bahasa inggris yang sering kita dapatkan selama ini adalah Mendengar dan Mengulang (Listen and repeat), misalnya kita setelah mendengarkan pembelajaran bahasa inggris dari kaset, kemudian mengulangi apa yang kita dengar, dan itu tidaklah cukup karena hanya menyalin pembicaraan. Namun dengan mendengar dan menjawab (Pertanyaan dari cerita) kita harus berpikir berpikir dan harus menjawab dengan cepat. Jika melakukan cara ini secara rutin selama 4 bulan, kemampuan berbicara meningkat, mampu berbicara dengan cepat, mudah dan otomatis.

Lalu apa sebenarnya Listen and Answer Mini Story?

Rekaman cerita mini (singkat) yang diselingi banyak pertanyaan mudah,namun konstan, secara cepat. Sehingga tidak punya waktu untuk memikirkan grammar. Dengan demikian melatih untuk berbicara, cepat dan otomatis.

5. Tidak terlalu mengikuti aturan grammar
Setiap kali masuk kelas bahasa inggris pasti ada belajar aturan Grammar terutama aturan Tenses dan tata bahasanya. Kita diharuskan menghapal begitu banyak tenses. Walaupun sudah merasa hapal dan paham, kebanyakan kita akan gagap atau tebata-bata menggunakannya dalam percakapan, apalagi lawan bicara kita orang asing. Itu terjadi karena belajar grammar membuat kita selalu memikirkan aturan ketika melakukan percakapan. Sedangkan yang kita inginkan dalam belajar pasti ingin mampu menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari secara lancar.

6. Gunakan metode Mendengar (Listening)
Untuk memahami bahasa inggris kita harus banyak mendengar. Berhentilah membaca Test Book (Buku pelajaran bahasa inggris) karena materi-materi yang ada dalam buku pelajaran sebenarnya sangat jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari dan mulailah mendengar apapun yang disampaikan dalam bahasa inggris. Belajarlah dengan telinga tidak hanya dengan mata. Biasakan mendengar bahasa inggris 1-3 jam setiap hari.

(Dikutip darieffortlessenglish.com)