Informal vs Formal dalam Bahasa Inggris (Bagian 2)

31 Oktober 2016 Tutorial Bahasa Inggris   |    Iman Prabawa


Kemudian kata berikutnya adalah antara dua kata ini, yaitu "find out" dan "discover". Teman-teman bisa menebak yang mana yang merupakan kata formal dan yang mana yang merupakan kata tidak formalnya?

Nah kata "find out" adalah kata yang termasuk ke dalam kata informal sementara kata "discover" adalah sebuah kata yang termasuk ke dalam kata yang resmi atau formal. Kita coba gunakan contoh kalimatnya ya misalnya nih untuk kata "find out" terlebih dahulu.

Tomorrow I'll find out whether I am having a boy or a girl.

Nah yang ini juga saya comot dari sebuah forum, dimana dia menuliskan bahwa dia lagi cemas apakah dia mengandung seorang bayi laki-laki atau bayi perempuan. Dia disitu berkata bahwa dia sangat ingin sekali bayi perempuan, makanya dia cemas dan berharap kalau besok itu hasilnya memang adalah bayi perempuan.

Teman-teman juga bisa belajar langsung dari kondisi seperti ini, jadi penerapannya juga teman-teman akan bisa lihat dan baca langsung. Atau kalau teman-teman punya teman di facebook yang orang bule, teman-teman perhatikan aja tiap mereka buat status dan teman-teman bisa pelajari dari bahasa yang mereka gunakan. Tentunya nanti teman-teman akan bisa membedakan kapan mereka menggunakan bahasa yang formal, atau kapan mereka menggunakan bahasa yang tidak formal.

Akan lebih banyak bahasa yang tidak formalnya sih kalau menurut saya untuk status yang mereka tulis di facebook mereka. Sementara untuk bahasa-bahasa yang formal teman-teman bisa melihatnya di website yang resmi misalnya seperti website CNN, atau misalnya BBC News, akan aneh pastinya kalau mereka menggunakan bahasa informal di dalam pemberitaan mereka.

Ini salah satu yang saya comot dari sebuah website yang bahasanya sangat formal sekali. Di kalimat ini mengandung kata "discover". Yuk kita cermati kalimat di bawah ini.

A copy of a 600-year-old map found in a second-hand book shop is the key to proving that the Chinese, not Christopher Columbus, were the first to discover the New World, a controversial British historian claims.

Agak susah kalimatnya ya? Penggunaan bahasanya sangat formal, yang mana kalau kita terjemahkan kira-kira seperti berikut. "Salinan peta 600 tahun yang ditemukan di sebuah toko buku bekas adalah kunci dari sebuah fakta yang membuktikan bahwa orang Cina, bukan Christopher Columbus, adalah yang pertama menemukan Dunia Baru, klaim seorang sejarawan Inggris."

Nah kira-kira seperti itu teman-teman, saya mau sudahi dulu ya pembahasan kita mengenai kata informal dan formal dalam bahasa Inggris ini. Nanti kita akan lanjut lagi ya, karena sebenarnya memang masih sangat banyak sekali kata-kata yang lain tentunya.

Kalau begitu sampai ketemu lagi.

Salam hangat,

Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)