Informal vs Formal dalam Bahasa Inggris (Bagian 1)

27 Oktober 2016 Tutorial Bahasa Inggris   |    Iman Prabawa


Pada pelajaran kita kali ini saya mau sharing mengenai kata- kata informal vs formal dalam bahasa Inggris. Seperti halnya di bahasa kita, atau pun juga di bahasa yang lainnya, akan ada bahasa untuk situasi yang resmi dan bahasa untuk situasi yang tidak resmi. Dimana dua-duanya itu harus kita gunakan pada saat yang tepat. Akan aneh rasanya kalau kita menggunakan kalimat resmi sementara kita memang sedang berada dalam situasi yang tidak resmi. Contohnya kita lagi berbicara dengan teman-teman dekat kita, kita saling bercanda misalnya, dan kita gunakan bahasa yang resmi, kan jadinya sangat aneh ya?

Begitu juga kalau di situasi yang resmi kita menggunakan bahasa yang tidak resmi, jadi kesannya akan menjadi sangat tidak sopan, atau kita jadi dinilai menjadi orang yang tidak tahu berbahasa atau orang yang tidak tahu sopan santun dalam berbahasa. Nah ini tentunya kita juga tidak mau dong? Oleh karena itu yuk kita belajar beberapa kata informal vs formal dalam bahasa Inggris ini.

Informal Vs Formal Dalam Bahasa Inggris

Yang pertama mengenai meminta maaf, di dalam kondisi informal kita menggunakan "say sorry" untuk mengekspresikan permintaan maaf atau penyesalan kita. Misalnya dalam contoh kalimatnya adalah seperti berikut ini.

Just wanted to say I'm sorry for all I said that hurt you.

Aku ingin minta maaf untuk semua kata-kataku yang menyakitimu. Kalau melihat kalimat ini biasanya diucapkan oleh seorang pasangan kepada pasangannya. Ini sangat terlihat sekali dari pembahasaannya. Kebetulan memang saya mencoba mencomot dari sebuah forum, bukan bahasa Inggris, dan saya lihat memang disitu dia sedang meminta maaf kepada pasangannya. Kalimat yang keluar adalah seperti itu.

Sementara dalam konteks yang formalnya maka kita akan menggunakan kata "apologize atau apologise". Contoh kalimatnya misalnya kita sudah berbuat salah dan kita ingin meminta maaf atas apa yang sudah kita lakukan. Maka ini kalimatnya akan menjadi seperti terlihat berikut ini contohnya.

I would like to apologize for having done that.

Saya meminta maaf karena telah melakukan hal tersebut. Nah jadi untuk situasi yang formal kita tidak bisa menggunakan kata sorry, karena kata tersebut lebih cocok untuk situasi yang lebih tidak resmi.

Salam hangat,

Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)