Idiom Paling Umum Digunakan dalam Kalimat

8 September 2015 Tutorial Bahasa Inggris


Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu menggunakan bahasa untuk berkomunikasi seperti halnya kita menggunakan bahasa resmi negara yakni bahasa Indonesia. Namum ketika kita bertemu dengan kerabat seperti teman, biasanya banyak orang lebih memilih bahasa yang tidak terlalu resmi seperti bahasa daerah, bahasa slang dan idiom. Tidak hanya di bahasa Indonesia saja, bahasa Inggris pun juga memiliki bahasa idiom.

Idiom di dalam bahasa inggris ada berbagai macam, masing-masing idiom memiliki arti tersendiri yang terkadang apabila didengar oleh orang yang tidak memahaminya akan menimbulkan persepsi yang aneh. Oleh sebab itu, pengetahuan akan idiom di dalam bahasa inggris juga harus kita kuasai, agar ketika berbicara dengan native speaker dan mereka melontarkan sebuah idiom kepada anda, anda tidak menjadi salah paham dan menjadi canggung.

Untuk memahami idiom yang umum digunakan dalam percakapan atau kalimat bahasa Inggris, berikut beberapa idiomnya.

1. Break a leg
Idiom ini biasa disampaikan keppada orang yang akan menjalani sebuah test, ujian, seminar skripsi,dsb. ungkapan ini sebenarnya merupakan kata lain dari "good luck".

2. Let the cat out of the bag
Idiom ini digunakan untuk memerintahkan seseorang membongkar sebuah rahasia yang seharusnya dijaga.

3. When pigs fly
Jika seseorang menggunakan idiom ini, berarti bahwa sesuatu hal tidak mungkin terjadi layaknya babi yang tak mungkin bisa terbang.

4. Bite of more than you can chew
Idiom ini biasa digunakan kepada seseorang yang mengambil sebuah pekerjaan diluar batas kemampuannya sehingga ia kesulitan untuk meng-handle-nya.

5. Piece of cake
Idiom ini biasa dilontarkan setelah melakukan sebuah kegiatan yang dianggap mudah.

6. Costs an arm and leg
maksud idiom ini bukan memberikan harga untuk lengan dan kaki. ketika seseorang mengungkapkan "it costs an arm and leg" berarti barang tersebut memiliki harga yang sangat mahal.

7. Hit the books
ungkapan ini lebih bermaksud bahwa anda harus belajar dengan lebih giat.

8. Hit the nail on the head
idiom ini digunakan untuk menyatakan bahwa sesuatu hal telah dikerjakan atau dikatakan dengan tepat.

9. You can’t judge a book by its cover
Idiom bahasa inggris yang satu ini sangat popular digunakan di Indonesia. Artinya adalah jangan menilai seseorang hanya dari penampilan luarnya saja.

10. Scratch someone’s back
Maksud sebenarnya dari ungkapan ini adalah untuk mengajak kita saling tolong menolong dan tenggang rasa. Artinya ketika kita membantu seseorang, maka suatu saat orang itu mungkin akan menolong kita juga. So, scratch someone’s back every day.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari belajarbahasainggrisku.com)