How to Submit Complain Politely

11 November 2014 Tutorial Bahasa Inggris


Dalam berkomunikasi, seringkali kita memiliki pemikiran yang berbeda-beda dengan orang lain. Dalam suatu kelompak adalah hal yang biasa ketika kita memiliki pendapat yang berbeda-beda. Namun dalam menanggapinya, Anda harus memiliki cara yang sopan untuk menjelaskan apabila oranglain mengambil keputusan yang kurang tepat.

Seperti halnya ketika kita merasa keberatan atau komplain dalam berbagai hal seperti contoh saja ketika kita membeli suatu barang elektronik atau memesan makanan. Apabila apa yang kita inginkan tidak sesuai dengan yang diberikan, maka kita berhak untuk memberikan komplain namun biasakan dengan cara yang sopan supaya orang bisa menerima masukan Anda dan memperbaiki kesalahannya.

Begitu juga dalam bahasa Inggris, kita juga bisa belajar bagaimana cara memberikan komplain atau keluhan secara sopan sehingga orang dapat menerima baik apa yang dimaksud. Bagaimana cara menyampaikannya dengan baik? Yuk kita sama-sama belajar cara memberikan keluhan secara sopan seperti berikut ini.

Apabila Anda ingin mengutarakan keluhan bisa dilihat seperti berikut:

·I am sorry for bothering you, but...(Saya minta maaf karena menganggu Anda, tetapi...)
·I wanna complain about.. (Saya ingin komplain tentang...)
· I want to ask about..(Saya ingin bertanya tentang...)
·I found something wrong and I have to tell you that... (Saya menemukan sesuatu yang salah, dan saya harus mengatakan kepadamu bahwa..)
·I am sorry, I have to say that...(Maaf saya harus berkata bahwa...)
·I am sorry to bother you, but there is a problem about..(Saya minta maaf karena menganggumu, tetapi ada masalah mengenai...)
·Excuse me, I want to tell a problem... (Maaf, saya ingin mengatakan suatu masalah...)
·I'm afraid there may be a misunderstanding. I requested ......(Maaf, mungkin ada sedikit kesalahpahaman. Saya memesan.....)

Jika ada yang memberikan komplain atau keluhan, maka Anda yang merespon positif keluhan atau komplain orang dengan cara berikut ini.

·I am sorry for this mistake, I promise that this won’t happen anymore.(Saya minta maaf karena kesalahan ini, saya berjanji bahwa hal ini tidak akan terjadi lagi.)
·I am so sorry, this mistake will never occur again.(Saya benar-benar minta maaf, kesalahan ini tidak akan pernah terjadi lagi.)
·I’m really sorry, we will do the best to fix the problem.(Saya benar-benar minta maaf, kami akan melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan masalah ini.)

Namun apabila anda tetap pada pendirian atau sudah benar dengan apa yang dilakukan, anda bisa meresponnya dengan cara berikut.

·I am sorry but there is not much we can do to fix it.(Saya minta maaf tetapi tidak ada yang bisa banyak kami lakukan untuk menyelesaikan itu.)
·I am sorry but all is alright.(Saya minta maaf tetapi semuanya baik-baik aja.)
·I am so sorry but there is nothing we can do about it.(Saya benar-benar minta maaf, tetapi tidak ada yang bisa saya lakukan mengenai hal itu.)

Oleh: Albert S
(Dikutip dari caramudahbelajarbahasainggris.net)