Homofon dalam Bahasa Inggris (Bagian 2)

9 Januari 2017 Tutorial Bahasa Inggris   |    Iman Prabawa


Halo teman-teman para English Learners dimanapun teman-teman berada, kali ini saya mau sharing mengenai homofon dalam bahasa Inggris. Ternyata banyak sekali lho homofon di dalam bahasa Inggris. Apa itu homofon? Yuk kita bahas pada artikel berikut ini.

Weather dan Whether

Kalau weather itu artinya cuaca, contoh kalimat yang diberikan Lucy di video tersebut adalah,

The weather is very nice today.(Cuaca hari ini sangat bagus)

Sementara whether yang satunya lagi menunjukkan conjunction atau penyambung yang memberi sebuah pilihan. Lucy mencontohkannya pada kalimat berikut ini,

Could you tell me whether you'd prefer to go out or stay in? (Bisakah kamu memberitahu apakah kamu lebih suka keluar atau tetap disini saja?)

Kalau diterjemahkan bebas secara kebiasaan orang Indonesia mungkin pertanyaan ini akan menjadi, "Kamu lebih suka keluar atau tetap nongkrong disini?", kaya gitu kali ya kurang lebihnya.

There, Their, dan They're

Nah lho, sekarang ada tiga nih kata yang secara pengucapannya terdengar sama. Kalau there itu sebenarnya bisa diterjemahkan menjadi banyak arti sih. Salah satunya adalah disana, misalnya pada contoh kalimat,

My house is over there. (Rumah saya di sebelah sana)

Sementara kalau their itu merupakan pronoun, yang mana Lucy memberikan contoh kalimatnya sebagai berikut,

My students forgot their books. (Murid-murid saya lupa buku mereka)

Ini kalau diartikan pas seperti itu terdengarnya aneh ya? Tapi ini maksudnya pastinya lebih ke, "Murid-murid saya lupa membawa buku mereka". Jadi suasananya adalah lagi di kelas, gurunya menyuruh buka buku, dan ternyata murid-muridnya lupa membawa buku mereka. Seperti itu kira-kira terjemahan dari kalimat di atas.

Sementara kaya they're ini adalah singkatan dari they are, kalau dibaca tanpa singkatan memang tidak terdengar seperti there, tapi biasanya orang bule mereka suka nyingkat, sama lah seperti orang kita ya. Sehingga sering kali mereka mengucapkan they are itu bukan lagi satu per satu seperti itu tapi menjadi they're yang bunyinya sama dengan there. Contoh kalimat yang diberikan Lucy adalah sebagai berikut,

They're very nice people. (Mereka adalah orang-orang yang baik).

Too, Two dan To

Nah ini yang saya sendiri jujur baru tahu kalau pengucapannya ternyata sama persis, dan saya sempat ingin membedakan pengucapannya karena tulisannya kan beda ya? Tapi dengan adanya video ini saya jadi tahu ternyata bunyi pengucapan tiga buah kata ini sama persis!

Two itu artinya dua (angka), sementara too itu artinya juga, dan to yang merupakan preposisi. Kalau contoh kalimatnya misalnya,

I have two pets. (Saya mempunyai dua hewan peliharaan).

Sementara contoh kalimat yang too misalnya,

I will come too! (Saya akan datang juga)

Sementara contoh kalimat yang menggunakan to misalnya,

I am going to the park. (Saya mau ke taman)

Your dan You're

Dua ini pengucapannya juga sama, kalau your itu kan pronoun. Contoh kalimat yang Lucy berikan yaitu,

Don't foget your coat! (Jangan lupa mantelmu)

Sementara you're itu adalah singkatan dari you are. Biasanya orang bule itu seringkali menyingkat you are menjadi you're yang terdengar secara pengucapan sama persis dengan your. Tinggal kemudian kitanya saja yang melihat dari konteks kalimatnya, apakah itu your atau you're yang lagi diucapkan oleh orang bule tersebut.

Nah kira-kira seperti itu ya, yang nomor sepuluh dari Lucy itu saya tidak masukkan ya, karena kalau secara apa yang saya dengar kalau Inggris Amerika antara One dengan Won itu masih terdengar beda pengucapannya di telinga saya. Kalau pengucapan secara British English berarti sama ya kalau Lucy mencantumkan di videonya.

Kalau begitu sekian dulu ya sharing dari saya mengenai homofon dalam bahasa Inggris ini. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman juga karena saya juga belajar lagi nih jadinya. Dengan banyak sharing saya jadi belajar lebih banyak lagi juga. Buat teman-teman yang mau sharing juga untuk kita belajar bahasa Inggris bareng, bisa share ke facebook saya, Iman Prabawa. Sekian dulu ya dan wassalam.

Salam hangat,

Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di
belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)