Definite dan Indefinite Article pada Kalimat



Dalam bahasa Indonesia, kita bisa menggunakan kata awalan se- untuk menunjukan kata tunggal atau mewakili keseluruhan. Ketika kita mempelajari bahasa Inggris, kita mengenal penggunaan kata tunggal A, An & The. Ketiga kata ini termasuk golongan Indefinite & Definite Article. Nah, meski penggunaanya mewakili kata tunggal namun bukan berarti tidak memiliki perbedaan.

Salah satu perbedaanya bisa dilihat dari spensifik dari objek itu sendiri. Apabila menggunakan kata tunggal harus diperhatikan perbedaanya seperti berikut ini!

1. Definite Article
Pada golongan ini berarti bersifat spensifik. Penggunaan kata tunggal jenis ini digunakan untuk menjelaskan kata benda yang sudah spesifik. Penggunaan Definite Article yang biasa kita jumpai adalah kata The. Penggunaan The digunakan untuk disandingkan dengan benda yang sudah disebutkan, sudah diperkenalkan, atau rerdapat rujukan pada kalimat sebelumnya. Terkadang rujukan tidak selalu terletak pada kalimat sebelumnya, bisa juga berupa penjelasan setelah kata benda tersebut namun masih berada dalam satu kalimat. ‘The’ bisa digunakan untuk kata benda yang bersifat tunggal ataupun jamak.

Contoh:

· They didn’t eat the cake that you baked.
· We loved the dessert with matcha and mangos as the topping.
· Thedoll on Rin’s bed belongs to Jeri.
· Do you know the man who is sitting next to your mother?
· My husband built the house with a swimming pool and flower garden.

2. Infinite Article
A and An disebut sebagai indefinite articles yang berarti tidak spesifik. A dan An digunakan ketika kita menyebut atau membahas tentang hal yang umum, tidak spesifik. Berarti kebalikan dari Definite Article. rticle A atau An digunakan apabila yang dibicarakan adalah hal umum yang tidak disertai kalimat pendahulunya. Sehingga tidak ada rujukan yang menjelaskan. Article A dan An digunakan untuk memperkenalkan sesuatu yang bersifat baru, belum dikenal, atau juga ketika kita menanyakan eksistensi sesuatu. Dalam bahasa Indonesia, A atau An bermakna ‘sebuah’. Kita tidak dapat menggunakan A atau An untuk benda yang jamak karena A dan An memiliki sifat tunggal.

Contoh:

· Ani buys a book.
· There is a secret between Rinni and his brother.
· Nadya has a brother.
· He is a civil-servant.
· Is there a book on my desk?
· This is an amazing movie.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari Caramudahbelajarbahasainggris.net)