Cara Menyapa dengan Bahasa Inggris

6 November 2014 Tutorial Bahasa Inggris


Setiap orang pasti pernah berkomunikasi dengan sesamanya entah keluarga, teman, dan orang lain. Dengan adanya komunikasi kita juga bisa bertukar pikiran dengan oranglain sehingga kita pun dapat belajar dari pengalaman-pengalaman yang ada. Seperti halnya dalam menyapa orang, kita secara tidak langsung membuka komunikasi dengan orang lain.

Kata "hai","apa kabar" atau "halo" merupakan kalimat yang biasa kita temui ketika menyapa teman atau orang yang dikenal. Tidak hanya dalam bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris pun kita juga dapat menyapa orang lain. Nah, untuk mengetahui cara menyapa dalam bahasa Inggris berikut contohnya.

1. What`s up? What’s new? Atau What’s going on?
Ingin kata-kata sapaan selain "how are you?" yang lebih informal? Anda bisa gunakan ketiga ungkapan di atas. Selanjutnya, jawaban yang diberikan bisa sekedar "nothing" apabila memang tidak ada hal yang bisa diceritakan.

2. How’s Your Day? atau How’s Your Day Going?
Diajukan kepada orang lain dengan maksud mengetahui bagaimana tentang hari ini, apakah semua yang ia kerjakan berjalan dengan baik atau tidak. Biasanya, pertanyaan ini ditanyakan oleh orang tua kepada anak-anaknya di malam hari ketika mereka mengobrol. Tujuannya adalah untuk mengetahui tentang bagaimana kegiatan mereka hari ini, apakah semuanya berjalan dengan baik atau malah ada masalah. Respon yang bisa diberikan antara lain adalah, "fine, good, alright, it’s going well, atau not bad".

3. Hey, Hey Man, Hi
digunakan ketika ketika sedang menyapa orang yang sudah pernah bertemu dengan Anda sebelumnya. Sedangkan "hey man", merupakan ungkapan greeting yang digunakan untuk menyapa males atau laki-laki. Hey man juga bisa diucapkan untuk perempuan atau wanita yang lebih muda dari Anda. Namun, pastikan Anda kenal begitu dekat dengan wanita tersebut.

Bagaimana dengan "Hi"?, ungkapan ini dimaknai sebagai sapaan terhadap orang belum pernah bertemu sebelumnya. Jangan berkata "Hey" dengan orang yang belum pernah Anda temui, karena ia bisa bingung mengenai kapan Anda pernah bertemu dengannya sehingga tiba-tiba Anda bisa menyapanya dengan kata "Hey".

4. How’s Everything ?, How Are Things?, atau How’s Life?
Untuk orang-orang yang begitu Anda kenal, bisa gunakan salah satu dari ungkapan tersebut. Maknanya sama dengan "how are you?", yaitu menanyakan kabar atau keadaan. Jawaban yang diutarakan bisa "good, not bad" atau balik bertanya dengan pertanyaan "what about you?".

5. Long Time No See atau It’s Been A While
Saat bertemu dengan orang yang Anda kenal secara tidak terduga, maka ucapkan "long time no see" atau "it’s been a while".

6. Good To See You atau Nice To See You
Diucapkan ketika bertemu dengan kerabat, teman, atau rekan kerja yang sudah lama tidak bertemu. Biasanya, sambil mengucapkan kata-kata tersebut, Anda bisa saling bersalaman atau bahkan memeluk bergantung seberapa dekat hubungan Anda dengan orang yang ditemui.

7. Good Morning, Good Afternoon, atau Good Evening
Ketiganya merupakan ungkapan formal yang diucapkan kepada guru, rekan bisnis, dan atasan di lingkungan kerja Anda.

8. How are you? atau How’s It Going?
Dalam banyak situasi, kita biasa berkata "how are you?" untuk menanyakan kabar. Namun, jika ingin mengutarakan sapaan yang lebih "gaul", maka gunakanlah "how’s it going?" plus menyingkat kata going menjadi goin. Sementara itu, untuk menjawab "how are you?", seseorang bisa memberikan jawaban "good" atau "I am fine", kemudian untuk "how’s it going?", bisa dijawab dengan kata-kata "It’s going well".

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari caramudahbelajarbahasainggris.net)