Cara Menjawab Soal Grammar pada Ujian Tertulis

10 Februari 2017 Tutorial Bahasa Inggris


Dalam ujian bahasa terutama bahasa Inggris yakni tes TOEFL terdiri dari Listening & Writting. Dalam ujian Writting (tertulis) soal-soal grammar test biasanya menggunakan bentuk model sentence completion, melengkapi kalimat yang kosong dan written expression, mencari bagian yang salah. Soal-soal ini bertujuan untuk menguji sejauh mana kemampaun Anda dalam hal tata bahasa atau structure bahasa Inggris.

Jika dibandingkan dengan Listening & Speaking, Grammar Test memang tidaklah sulit namun untuk mengerjakannya tidak boleh dipandang sebelah mata karena pertanyaan-pertanyaan bisa menjebak dan jika tidak mempelajarinya sebelum-sebelum tes bisa jadi tidak mengetahui jawabannya sama sekali.

Agar bisa mengatasi persoalan dalam soal grammar, sebaiknya kita perlu matang-matang untuk mempersiapkan diri. Berikut cara-cara untuk mengerjakan soal grammar yang bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat.

1. Untuk mengerjakan written expression yang harus Anda lakukan adalah identifikasi saja unsur-unsur kalimatnya, seperti mana bagian subjek, objek, atau pelengkap. Cara lain adalah dengan tidak perlu membaca keseluruhan soal tetapi hanya memfokuskan kepada kata-kata yang digaris bawahi dan carilah bagian mana yang tidak tepat.

Contoh:

· Aceh, which is located in the edge of Sumatra Island, suffered Tsunami at 2006 and

A B C

more than thousand of people dead.
D E

Jawaban yang benar adalah C karena untuk menyatakan tahun harus menggunakan preposition In bukan At

2. Selanjutnya adalah pelajari dan pahami kembali dasar-dasar grammar.

Hal ini dikarenakan pola-pola soal grammar biasanya menanyakan grammar dasar dan sedikit advance grammar. Oleh karena itu ingat-ingat kembali rumus atau pola pada grammar dasar dan bila perlu temukan cara terbaik atau shortcut Anda dalam mengingat rumus-rumus grammar tersebut.

Contoh:

· Penggunaan verb-ing seperti Considering, Finishing, Denying

· Penggunaan to Infinitive seperti Want to. Decide to, need to

· Penggunaan bentuk tenses seperti Present Tenses seperti always, ussualy sedangkan untuk masa lampau menggunakan yesterday, last night & untuk masa yang akan datang menggunakan now, for the time being.

3. Apabila soal yang Anda hadapi tidak bisa ditemukan jawabannya hanya dengan mengidentifikasi unsur-unsur kalimatnya, cobalah membaca kalimat itu secara keseluruhan dan temukan kejanggalan ketika Anda mengucapkannya.Biasanya kita bisa menemukan kesalahan dengan menggunakan skimata karena kita pernah menbaca kalimat yang sama sebelumnya.

4. Berlatih sesering mungkin

Biasanya model pertanyaan yang ditanyakan di dalam grammar test selalu sama, yang membedakan mungkin hanyalah kalimat soal atau pertanyaannya saja. Berlatihlah dengan mengerjakan tipe-tipe soal grammar dan apabila Anda tidak mengerti terhadap salah satu tipe soal, maka pelajari kembali tipe tersebut.

Dengan begitu, Anda akan mengenali dan memahami tipe-tipe soal tadi, sehingga ketika Anda menghadapinya, semua bisa diselesaikan dengan lancar.

5. Tips yang terakhir adalah kerjakan terlebih dahulu soal grammar yang berbentuk sentence completion, setelah itu soal written expression. Hal ini dikarenakan tipe soal written expression sedikit lebih sulit dari sentence completion, sehingga Anda bisa menghemat waktu untuk mengerjakan soal yang lebih rumit.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari caramudahbelajarbahasainggris.net)