Cara Menggunakan email dalam Bahasa Inggris

28 Oktober 2015 Tutorial Bahasa Inggris


Di dunia yang semakin berkembang ini, tidak jarang banyak orang dituntut untuk mengikuti kemajuan zaman dan apabila kita statis maka akan tergilas. Dewasa ini, jika sebelumnya kita menggunakan surat untuk mengirimkan pesan secara manual kali ini kita bisa menggunakan surat elektronik atau lebih dikenal dengan E-mail.

E-mail bisa digunakan melalui internet. Karena lebih efisien serta murahlah yang menjadi pilihan utama banyak orang untuk menggunakannya untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya adalah untuk berbisnis. Memang tidak sulit untuk menggunakan E-mail sebagai surat namun banyak orang binggung untuk memberikan informasi. Terutama untuk atasan atau rekan bisnis. Nah, untuk mengawali penggunaan Email dalam bahasa Inggris, Yuk ikuti tips berikut!

1. Penggunaan Nama Profesional
Akan lebih sempurna bila Anda menggunakan email dari akun rekening perusahaan untuk menunjukan Anda berada dalam naungan institusi resmi yang professional. Awali dengan menamakannya dengan nama professional, nama jelas Anda dan profesi Anda. Tambahan seperti informasi jasa atau layanan Anda masih bisa ditoleransi.\

2. Gunakan header pesan
Jangan abaikan header pesan, setidaknya dari sini pembaca email Anda tahu dengan baik tajuk dari email Anda dan tujuan dari pengiriman pesan ini. Mereka akan terbantu untuk menentukan skala prioritas dari email Anda. Bila memang email Anda penting, sematkan kata High Priority atau Important pada header.

3. Gunakan salam resmi
Hindari penggunaan salam yang bersifat nonformal, kecuali Anda memang bergerak pada bisnis nonformal. Utamakan menggunakan sama semacam Dear..., Hai..dan sebagainya. Pastikan Anda memberikan panggilan resmi yang personal pula pada pembaca email Anda seperti Dear Mrs Smith atau Dear Mr McCulley, ketimbang Anda memakai kata Dear CEO atau Dear Public Relation Department Manager.

4. Awali paragraf pertama dengan perkenalan siapa diri Anda dan identitas Anda. Pihak pembaca perlu memahami siapa pengirim pesan yang mereka terima, sama halnya ketika mereka bicara dengan kontak langsung.

5. Sampaikan dengan sisitematis, bila memerlukan kata maaf gunakan dengan bijak dan selalu pastikan Anda membuat kesimpulan sebelum paragraf berakhir di penutup.

6. Kata with sincerely atau respectfully adalah dua kata umum yang kerap muncul di akhir surat sebagai tanda berpamitan. Maknanya adalah dengan penuh hormat. Dibawah kata ini imbuhkan nama lengkap Anda, jabatan, profesi, instansi atau apapun yang menyertai Anda terkai dengan bisnis ini.

7. Gunakan spell checking
Untuk menghindari kesalahan penulisan yang bisa mengakibatkan kesalahan pemahaman, sebaiknya akhiri dengan tools satu ini yang akan sangat membantu Anda merapikan segala kesalahan penulisan yang muncul.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari belajarbahasainggris.web.id)