Cara Memperkenalkan Diri Kita dalam Bahasa Inggris

2 Juli 2016 Tutorial Bahasa Inggris   |    Iman Prabawa


Kali ini saya mau sharing mengenai cara memperkenalkan diri kita dalam bahasa Inggris, kebetulan saya belajar dari video yang ada di engvid.com, teman-teman yang ingin ikutan belajar juga bisa ikutan disana. Cuma memang kalau belajar disana teman-teman harus sudah bisa dan menguasai bahasa Inggris terlebih dahulu, karena kalau tidak teman-teman tidak akan mengerti dengan apa yang mereka ucapkan.

Tapi bagus juga untuk memaksa kita dalam berlatih bahasa Inggris. Ini kebetulan video dari mereka saya download dan kemudian saya buatkan subtitlenya, dan saya coba membahasakannya versi saya, sehingga teman-teman bisa mengerti dan kemudian paham dan bisa ikutan belajar juga dari video-video mereka.

Kebetulan kemarin dari pihak engvid menghubungi saya dan berkata kalau saya boleh memberikan file .SRT ke mereka. Nah teman-teman nanti kalau menonton video di bawah ini silakan diklik bagian Setting kemudian Subtitles/CC nanti akan terlihat tulisan Indonesian, seperti terlihat pada gambar di bawah ini, sehingga nanti subtitle bahasa Indonesia yang sudah saya buat bisa muncul.

Cara Memperkenalkan Diri Kita Dalam Bahasa Inggris Untuk Pemula

Teman-teman bisa ikutan mendaftar juga lho di engvid.com tersebut karena untuk mendaftarnya gratis. Dan video di bagian dalamnya saya lihat sangat banyak untuk kita bisa melatih dan belajar bahasa Inggris sendiri di rumah.

Kita tonton dulu yuk videonya di bawah ini sebelum kemudian saya coba menjelaskannya dengan bahasa saya..

Jadi di pelajaran ini kita akan belajar mengenai cara memperkenalkan diri kita di dalam bahasa Inggris. Kita akan belajar memperkenalkan di situasi formal maupun situasi tidak formal.

Pertama yang akan dipelajari dari video ini adalah kita akan berkenalan dengan orang lain, dalam konteks pelajaran kali ini ada dua orang yaitu Bill White dan Susan Jones. Andaikan kita berada di posisinya Bill White dan kita akan berkenalan dengan Susan Jones.

Maka kemudian percakapannya akan menjadi:

Bill White: Hello, I'm Bill White (Halo, Saya Bill White)
Susan Jones: Hi, I'm Susan Jones (Hai, Saya Susan Jones)

Disini Bill White yang memperkenalkan dirinya terlebih dahulu kepada Susan Jones, dan kemudian dijawab oleh Susan Jones, lalu setelah itu Bill White akan berkata "It's a pleasure to meet you", yang mana kemudian akan dijawab oleh Susan Jones dengan kata-kata "I'ts a pleasure to meet you too".

Kalimat "It's a pleasure to meet you" memang sering digunakan di dalam situasi yang formal, sementara kalau di dalam situasi yang tidak terlalu formal maka kalimat yang digunakannya menjadi "Nice to meet you".

It's a pleasure to meet you kalau di bahasa Indonesia diartikan menjadi, "Senang berkenalan dengan anda" sementara kalau versi tidak formalnya "Nice to meet you" kira-kira dalam bahasa Indonesianya diartikan apa ya?. "Salam kenal ya", gitu sepertinya ya?

Kemudian di bagian keduanya, Rebecca menjelaskan mengenai cara memperkenalkan dua orang yang tidak saling kenal di dalam bahasa Inggris. Pertama yang dilakukan pastinya adalah memastikan terlebih dahulu bahwa memang keduanya tidak saling kenal.

Untuk memastikan bahwa keduanya tidak saling kenal, maka kalimat yang digunakan adalah "Have you met each other?". Yang kalau kita artikan ke dalam bahasa Indonesia adalah, "Kalian sudah saling mengenal belum?"

Ketika sudah dipastikan bahwa mereka tidak saling mengenal satu sama lainnya, barulah kemudian kita memperkenalkan kedua orang tersebut. Biasanya peraturannya adalah yang paling tua diperkenalkan terlebih dahulu kepada yang lebih muda.

Dalam konteks di dalam video tersebut, Scott Topper adalah yang lebih tua daripada Steven Shaw, jadi kita perlu memperkenalkan Scott Topper kepada Steven Shaw. Aturannya seperti itu kira-kira. Di dalam video itu nama kita adalah Carol Smith, jadi kita akan berkata:

Carol Smith: Mister Topper, this is Mister Shaw (Tuan Topper ini adalah Tuan Shaw)

Mister Shaw this is Mister Topper (Tuan Shaw ini adalah Tuan Topper)

Disini kita memanggil tuan Topper terlebih dahulu dan mengenalkan tuan Shaw yang jauh lebih muda kepada tuan Topper. Kemudian mereka mulai berjabat tangan dan Scott Topper akan berkata, "It's a pleasure to meet you" yang mana akan dijawab oleh Steven Shaw dengan jawaban "Pleasure to meet you too". Disini kata "it's"-nya hilang, dan hal ini tidak apa-apa, karena sebenarnya bagian yang terpentingnya adalah "pleasure to meet you".

Sementara kalau di konteks situasi yang tidak formal maka penggunaan kata-katanya adalah "nice to meet you".

Nah semoga sharing dari saya mengenai cara memperkenalkan diri kita dalam bahasa Inggris untuk pemula ini bisa bermanfaat untuk kita. Saya sendiri juga jadi belajar lagi dengan sharing mengenai hal ini. Nanti saya akan sharing lagi pembelajaran bahasa Inggris ini secara rutin tiap minggunya, semoga.

Salam hangat,

Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)