Bingung Membedakan Must dan Have to? Cari Tahu Disini...

11 Desember 2013 Tutorial Bahasa Inggris


Seperti halnya dengan belajar bahasa Indonesia, bahasa Inggris pun juga memiliki sinonim (persamaan kata) seperti halnya dengan Have To & Must. Have To dan Must juga memiliki kesamaan arti yaitu "Harus". Namun perlu diketahui bahwa sama arti dari suatu kata dalam bahasa Inggris, belum tentu penggunaan kosakata-nya sama. Perbedaanya "have to" digunakan untuk suatu tuntutan / keharusan berdasarkan adat, etika, norma, hukum, peraturan, jadi bukan suatu keharusan berdasarkan kehendak si pembicara. Sedangkan "Must" digunakan untuk suatu tuntutan / keharusan berdasarkan kehendak sipembicara sendiri. Perbedaan arti antara must dan have to adalah sebagai berikut.

1. Must
Kita menggunakan Must untuk menunjukkan bahwa sesuatu tersebut benar adanya dan logis. Misalnya, ketika tidak ada cuaca panas, maka pakaian tidak kering.
Bentuk sintaks dari "Must" itu sendiri adalah:

Subjek + must + infinitive (tanpa to)

Contoh:

· You must be freezing if there is no heating on.
· She is coming late. You must be angry.
· It must be nice taking a holiday to Australia.

Must juga bisa digunakan untuk menunjukkan kewajiban yang begitu kuat. Dalam konteks ini, must digunakan dalam suatu kewajiban yang memang diperlukan menurut orang yang ada di sekitar kita serta diri kita sendiri.

Contoh:

· I must go home early.
· They must come to your home tonight.
· You must study hard for preparing final exam.

2. Have to
Have to digunakan dalam rangka mengekspresikan kewajiban yang kuat sama sepertiMust pada fungsi sebelumnya. Namun, perbedaannya yaitu have to dicantumkan karena ada campur tangan dari pihak luar yang membuat adanya kewajiban tersebut. Misalkan, "Kita harus bekerja keras atau kita akan dipecat bulan depan, Saya harus mengirim laporan ini atau tidak akan ada nilai untuk saya".

Bentuk sintaks dari have to itu sendiri adalah:

Subjek + have + infinitive (with to)

Jadi pada "have to", "to" disini sebagai petunjuk bahwa kata kerja yang datang sesudah have adalah kata kerja yang masih memakai to. Bentuk "have to" bisa digunakan untuk semua bentuk tenses (past, present, future).

Beberapa contoh dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut.

· I have to start working at 7: 00 A.M. or my boss will fire me.
· We have to submit this paper before the deadline coming.
· You have to study hard or the university will not accept you.
· I had to learn yesterday. (Simple Past Tense)
· I am having to learn. (Present Continous Tense)

(Dikutip dari caramudahbelajarbahasainggris.net)