Beragam Jenis "Speeches" pada Bahasa Inggris



Pernahkah Anda melihat orang sedang menyampaikan pendapat didepan umum dengan berbicara di panggung? Ya, berarti orang tersebut sedang berpidato. Pidato sendiri merupakan sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi (ceramah) untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.

Tidak hanya didalam bahasa Indonesia, pada pidato bahasa Inggris juga memiliki beberapa jenis-jenis dari pidato. Mungkin apabila diantara kalian ada yang suka mempelajari jenis-jenis pidato. Pada umunya, ada 4 jenis pidato pada bahasa Inggris. Keempat jenis pidato tersebut adalah Impromptu, Extremporaneous, Manuscirpt, dan Memoized. kali ini kita akan melihat beberapa jenis dari pidato atau lebih dikenal dengan speeches.

1. Impromptu (Pidato Spontan)
Impromptu speech adalah sebuah teknik berbicara atau speech yang dilakukan secara spontan dengan waktu persiapan yang relatif singkat atau tanpa persiapan sama sekali. Impromptu speech masih menjadi bagian dari public speaking dan merupakan bentuk tersulit dari public speaking itu sendiri.
Pidato ini sering terjadi di sebuth pertemuan baik itu bisnis maupun organisasi.
Kelebihan metode impromptu adalah bahasa yang digunakan singkat, sehingga tidak membosankan dan pembicara bebas dalam memilih topik bahasan tetapi tepat sesuai acara.

Contoh:
Noah's Ark
There are only 2 spots left on Noah's Ark. The speaker picks an animal from a list the chair came up with and tells the class why they, being the animal, should get the last two spots. There are two spots left cause the animals came on two by two but only one person has to speak per animal.

2. Extemporaneous
Extemporaneous speech, atau lebih dikenal dengan singkatan Extemp, pada dasarnya adalah sebuah perlombaan pidato yang sering diadakan di tingkat SMA / perguruan tinggi. Jelas pidato extemp ini berbeda dengan Impromptu, sang pembicara pidato biasanya diberi informasi terlebih dahulu tentang topik apa yang akan disampaikan sehingga ia bisa dengan leluasa menyiapkan pidatonya dengan matang.

Kelebihan dari pidato jenis ini adalah materi pokok tidak akan lupa dan penyampaian (penjelasan) bisa fleksibel, sesuai dengan situasi dan kondisi hadirin.

3. Memorized
Jenis pidato memorized ini dilakukan ketika pembicara harus menulis naskah pidato kata demi kata dan menghafalkannya sebelum disampaikan kehadapan publik. pidato ini memang cukup sulit untuk disampaikan kepada para hadirin. Ini karena pidato diawali dengan cara menulis naskah dari kata demi kata serta dilakukan oleh pembicara itu sendiri.

4. Manuscript
Jenis pidato yang ketiga adalah manuscript. Dalam Bahasa Indonesia, manuscript diartikan sebagai "naskah". Artinya, pidato manuscript adalah pidato yang disampaikan dengan membaca sebuah naskah. Bukan karena sang pembicara pidato tidak bisa materi, namun karena pidato ini memang seharusnya disampaikan dengan membaca naskah. Pidato ini umumnya disampaikan ketika menyampaikan kebijakan, kontrak, MoU dan lain sebagainya, dimana pidato harus disampaikan sesuai naskah yang ada.

Oleh: Albert S
(Dikutip dari englishindo.com)