Belajar Bahasa Inggris Melalui Tulisan

21 Oktober 2016 Tutorial Bahasa Inggris   |    Iman Prabawa


Belajar bahasa Inggris melalui tulisan?? Maksudnya? Nah kebetulan saya barusan saja menonton videonya Doing English With Julian, sebenarnya kalau kita belajar bahasa Inggris saat ini jauh lebih mudah lho, karena semuanya ada di internet dan sangat banyak sekali web atau blog yang memberikan pembelajaran bahasa Inggris secara gratisan.

Dimana kita bisa belajar sendirian juga tanpa harus mengikuti kursus. Tapi memang akan jauh lebih lama kalau kita belajar sendiri, ini memang sudah menjadi hal yang wajar, karena kalau kita belajar sendirian, kita tidak punya orang yang bisa kita tanya. Dan kita harus mencari tahu atas pertanyaan kita sendiri.

Memang sih kalau kita lihat sekarang ini, internet bisa menjadi sumber belajar kita, tapi yang kemudian menjadi masalah adalah, biasanya orang yang baru belajar akan kebingungan, saya belajarnya mulainya darimana ya? Semakin banyak bahan yang ada di internet maka akan semakin juga membingungkan kita.

Belajar Bahasa Inggris Melalui Tulisan Membantukah?

Nah di video yang gambarnya saya skrinsutkan di atas, silakan teman-teman search aja di youtube videonya Julian, dimana di video itu dia menjelaskan mengenai pengalamannya dia menulis sebuah essai saat dia kuliah, dan dia mendapati bahwa dia jauh lebih mudah menulis sebuah essai ketika dia membaca banyak buku.

Seperti yang sudah saya bahas di tulisan saya sebelumnya, Berapa Banyak Kita Membaca?, disitu saya menjelaskan bahwa dengan membaca kita akan belajar banyak. Dari segi bahasa Inggris akan menambah vocabulary kita dalam bahasa Inggris kita dalam cara yang menyenangkan buat kita. Karena kita memang membaca sesuatu yang memang kita nikmati.

Akan sangat berbeda kalau kita belajar menambah kosa kata bahasa Inggris kita dengan hanya menghafalkan sejumlah kata dalam bahasa Inggris. Misalnya kita tulis di buku kita, atau kita melihat ke kamus bahasa Inggris kita. Dan kita berkata kepada diri kita untuk hari ini bisa menghafal 10 kata baru dalam bahasa Inggris dan kemudian kita comot aja asal, atau kita pilih secara berurutan kata yang ada di kamus tersebut.

Kalau cara seperti itu yang kita lakukan, nanti kata-kata itu pasti akan lupa lagi. Mengapa bisa begitu?? Karena bisa jadi kata-kata itu tidak kita gunakan dalam keseharian kita, sementara kalau kita membaca, dan memang kita membaca sesuatu yang memang kita suka, kita akan ingat dengan sendirinya dan memang berhubungan dengan pekerjaan atau dengan hobi kita. Sehingga akan terus dan jauh lebih mudah untuk kita ingat tho?

Nah saya juga baru saja berpikir mengenai gimana kita bisa belajar bahasa Inggris melalui kita menulis. Banyak yang berkata kalau kita ingin bisa mahir dalam bahasa Inggris, kita harus latihan berbicara terus. Itu betul sekali! Masalahnya, ngga segampang itu untuk mencari partner dalam kita latihan tho? Berapa banyak orang bule yang bisa kita temui yang bisa kita samperin untuk belajar dan latihan bahasa Inggris? Dan juga ngga banyak dari kita yang berani untuk langsung mendekati orang bule yang kita temui di jalanan kan?

Kedua, katanya kita bisa saja mengikuti grup belajar, atau grup conversation di salah satu tempat. Cuma masalahnya kan memang kita harus menyiapkan waktunya, seminggu paling sekali kita bisa ketemu, jadi kita hanya bisa latihan seminggu sekali aja?? Kita ngga bisa latihan setiap hari?? Sementara dengan bahasa kita sendiri, kita pastinya tiap hari menggunakannya. Ada yang dalam sehari aja sama sekali tidak berbicara bahasa Indonesia? Ngga ada kan pastinya? Pasti kita akan menggunakan bahasa Indonesia, entah itu ketika kita keluar rumah, ngga keluar rumah aja kita ngobrol dengan keluarga kita. Itu udah salah satu latihan yang kita lakukan dengan bahasa kita, ngga heran kalau bahasa Indonesia kita yang sangat luar biasa baik sekali kita gunakan.

Nah gimana dengan bahasa Inggris?? Sesuatu yang tidak kita gunakan tiap hari, lalu kita ingin bisa lancar? Ya kitanya memang harus latihan terus menerus, dan menulis bisa menjadi salah satu latihan kita. Coba aja teman-teman belajar untuk menulis. Misalkan hari ini paksakan untuk menulis dalam bahasa Inggris sebanyak 100 kata. Mungkin teman-teman berpikir, topiknya tentang apa? Topiknya pilih aja tentang hal yang teman-teman sukai, karena dengan begitu nanti teman-teman akan lebih mudah dalam berpikir untuk menulis kalimatnya.

Kemudian kalau ngga tahu kata-katanya, boleh lihat kamus? Silakan aja lihat kamus, dan memang kalau kita latih pertama kali, 100 kata itu rasanya berat sekali, dan bisa jadi kita menyelesaikannya dalam waktu 2 jam. Tapi seiring dengan tiap hari kita kerjakan dan kita latih terus, akan semakin cepat kita menuliskannya tho? Dan seiring dengan hal itu pula, akan semakin baik juga bahasa Inggris kita.

Jadi kita bisa belajar bahasa Inggris dengan banyak membaca dan banyak latihan menulis. Nanti masalah grammarnya, jangan terlalu dipikirkan terlebih dahulu, coba aja menulis dulu, baru di akhir setelah selesai 100 kata tersebut, silakan teman-teman analisa secara grammarnya, apakah sudah benar atau belum. Secara tensesnya gimana? Kan dengan begitu nanti teman-teman semakin lama akan semakin meningkat pula kemampuan bahasa Inggrisnya.

Nah semoga sharing dari saya ini mengenai belajar bahasa Inggris melalui tulisan bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Pantengin terus blog saya ini dan sampai ketemu lagi di sharing saya yang berikutnya yaa.. See you guys..

Salam hangat,

Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)