Apa Itu Impromptu?

29 Oktober 2015 Tutorial Bahasa Inggris


Ketika kita berada diatas panggung untuk memberikan informasi atau lebih akrab dikenal dengan nama Public Speaking, seringkali kita merasa kurang percaya diri dan malu. Padahal kita belum memulai apa yang akan kita berikan. Semakin kita kurang percaya diri, maka apa yang akan kita sampaikan bisa saja tidak tersampaikan kepada orang yang menyaksikan Anda ketika berpidato.

Pernahkan terpikirkan ketika kita berbicara suatu topik yang tidak berkaitan dengan apa yang akan kita sampaikan? Hal ini bisa disebut dengan Impromptu. Apa itu Impromptu? Impromptu adalah ketika kita berbicara akan suatu topic dalam public speaking yang materi topic yang kita bicarakan tidak dipersiapkan. Oleh karena itu kita dituntut untuk dapat memahami teknik impromptu.

Contoh Ketika kita membawakan sebuah pidato di depan dewan juri atau guru pembimbing. Lalu kita mendapatkan pertanyaan dan kita harus menjawabnya tanpa adanya persiapan atau pembelajaran apa yang harus kita ucapkan.

Nah, bagi kalian yang mungkin lupa ketika harus mulai pidato bisa menggunakan teknik Improptu. Bagaimana caranya? Yuk kita bisa melihat tipsnya untuk menguasai teknik Impromptu berikut ini.

· Motivasi Diri Sendiri
Percayalah dengan berimpromptu speech tidak akan membawa dampak buruk ke kalian. Sugestikan kepada diri kalian, jika kalian akan mendapatkan sesuatu jika kalian berhasil membawakan pidato, tentu saja kalian bisa menjadi lebih terkenal, memiliki reputasi sebagai speaker yang baik, dan akan mempermudah kalian untuk berkomunikasi dengan orang lain.

· Perluas Pengetahuan
Untuk melakukan impromptu speech yang baik kalian memerlukan pengetahuan yang luas. Dengan adanya pengetahuan yang luas, maka tanpa persiapan sekalipun kalian dapat memberikan impromptu speech yang berbobot. Kalian akan lebih mudah mendapatkan point - point yang akan kalian bawakan.

· Perbanyak Jam Terbang
Semakin sering kalian melakukan speech maka kalian akan semakin mudah untuk menyampaikan sebuah speech, karena kalian akan terbiasa dengan kegugupan yang akan kalian alami sebelum memberikan speech dan kalian akan menemukan seluk beluk untuk memberikan speech yang memukau. Walaupun kalian belum pernah melakukan speech satu kalipun kalian tetap bisa memperbanyak jam terbang. Caranya adalah dengan membayangkan di dalam kepala kalian apa yang akan kalian sampaikan dan bagaimana kalian menyampaikannya jika kalian di depan nanti.

· Beri Pembukaan yang Berkesan
Ini merupakan salah satu bagian yang cukup penting dalam sebuah speech. kita harus bisa menarik perhatian semua pendengar. kita bisa memperkenalkan diri kalian dan apa yang akan kalian bawakan disini. Sehingga pendengar kalian mengetahui siapa kalian dan alasan Anda ada di depan mereka untuk berbicara. Jangan gugup ketika kalian sudah mendapatkan perhatian dari pendengar, karena itu dapat berdampak buruk. lebih baik jika dimulai dengan sebuah senyuman.

· Fokus
Pastikan kalian tetap fokus pada topik bahasan selama memberikan speech. Hal ini perlu dilakukan agar pembahasan tidak melenceng dan pendengar mendapatkan maksud yang ingin disampaikan. Cara termudah untuk tetap fokus adalah membangun pilar - pilar dari tema atau topik yang telah diberikan.

· Berikan kesan yang baik ketika menutup pidato
Ini juga merupakan bagian yang cukup penting dalam sebuah speech. Karena, pada bagian ini kalian harus membuat semua pendengar kalian mengingat siapa kalian dan apa yang telah kalian bicarakan di depan mereka. Berikan suatu hal yang tegas dan unik.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari fabremind.wordpress.com)