Apa Itu Explanation Text?

16 Oktober 2014 Tutorial Bahasa Inggris


Dalam pelajaran bahasa Inggris tentu kita pernah mendengar berbagai macam teks pada bahasa Inggris. Kita lebih sering mendengar Descriptive text diantara berbagai jenis text lainnya. Kali ini kita akan memahami Explanation Text. Berbeda dengan Descriptive Text yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu benda atau makhluk hidup, Explanation Text sendiri merupakan sebuah tulisan, wacana, atau text dengan tujuan menjelaskan mengapa sesuatu terjadi dan bagaimana sesuatu terjadi.

Selain menjelaskan sebab pada sesuatu, Explanation Text juga bisa berbentuk penjelasan mengenai prosedur tertentu. Misalkan ada teks yang menerangkan atau menjelaskan secara detail mengenai cara pembuatan website.

Dalam membuat Explanation text sendiri juga memiliki urutan pada tiap pembuatannya. Untuk melihat urutannya, anda dapat melihatnya dibawah ini.

1. General Statement
merupakan area yang berisi penjelasan umum mengenai fenomena apa yang akan dibahas. General statement bisa berbentuk pengenalan fenomena atau penjelasan dasar mengenai fenomena tersebut.

2. Sequenced of Explanation
Disinilah terjadi penjelasan mengenai mengapa dan bagaimana fenomena tersebut terjadi. Misalkan ada explanation text mengenai sepeda, maka disini dijelaskan mengapa orang memerlukan sepeda dan bagaimana proses pembuatan sepeda tersebut berlangsung.

3. Closing
Closing mempunyai dua kubu pengertian. Sebagian menganggap bahwa closing adalah bagian terakhir di sequenced of explanation, sementara sebagian yang lain mendefinisikan bahwa closing itu tidak ada dan bagian yang merupakan closing dianggap sebagai bagian dari sequenced of explanation itu sendiri. Closing juga bisa disebut sebagai kesimpulan.

Explanation text sendiri menggunakan kata benda yang nampak (abstract noun) dan menggunakan Simple Present Tense. Tidak hanya itu, untuk kata kerjanya bisa dilihat dari penggunaan Passive Voice & Action verbs.

Untuk contohnya sendiri bisa dilihat pada berikut ini.

Making Paper from Woodchips (membuat kertas dari kayu)

General statement

Woodchipping is a process used to obtain pulp and paper products from forest trees. The woodchipping process begins when the trees are cut down in a selected area of the forest called a coupe.

(Woodchipping adalah proses yang digunakan untuk memperoleh produk bubur kertas dan kertas dari pohon-pohon hutan. Proses woodchipping dimulai ketika pohon ditebang di area yang dipilih dari hutan yang disebut coupe.)

Squence of explanation

Next the tops and branches of the trees are cut out and then the logs are taken to the mill. At the mill the bark of the logs is removed and the logs are taken to a chipper which cuts them into small pieces called woodchips. The woodchips are then screened to remove dirt and other impurities. At this stage they are either exported in this form or changed into pulp by chemicals and heat. The pulp is then bleached and the water content is removed.

(Selanjutnya bagian atas dan cabang-cabang dari pohon tersebut dipotong dan kemudian batang-batang kayunya dibawa ke pabrik pengilingan. Di pabrik pengilingan kulit kayu akan dihilangkan dan batang-batang kayu tersebut dibawa ke mesin pemotong kayu (chipper) yang memotong batang-batang kayu tersebut menjadi potongan-potongan kecil yang disebut serpihan kayu (woodchips). Serpihan kayu tersebut kemudian disaring untuk menghilangkan kotoran dan benda-benda lainnya. Pada tahap ini mereka bisa diekspor dalam bentuk tersebut atau dirubah menjadi bubur kertas dengan bahan kimia dan panas. Bubur tersebut kemudian diputihkan dan kadar airnya akan dihilangkan.)

Closing

Finally the pulp is rolled out to make paper.
(Akhirnya bubur kertas tersebut digulung untuk dibuat kertas kertas.)

Oleh: Albert S
(Dikutip dari belajarbahasainggris.us)