Adverbs of Time dalam Bahasa Inggris

18 November 2016 Tutorial Bahasa Inggris


Halo teman-teman English learners semuanya, pada tulisan saya di artikel kita kali ini mengenai adverbs of time dalam bahasa Inggris, kita kembali akan membahas mengenai keluarga adverb.

Nah yang akan kita bahas kali ini adalah keluarga adverb yang berhubungan dengan masalah waktu. Teman-teman yang membaca tulisan saya kali ini sudah pada mengerti dan tahu kan apa definisi dari adverb itu?

Kalau dari teman-teman masih ada yang belum tahu mengenai definisi adverb, teman-teman bisa membaca penjelasan saya dulu yang pernah saya tulis mengenai adverb. Nah kalau begitu kita bahas yuk mengenai adverbs of time ini.

Keluarga Adverb Yaitu Adverbs Of Time

Nah adverbf of time ini hubungannya dengan waktu atau adverb ini akan menjelaskan atau memberikan keterangan tambahan kepada kita seandainya kita bertanya mengenai kapan terjadinya.

Kita coba lihat contoh kalimat di bawah ini ya..

I’m going to my new school tomorrow. (Saya akan ke sekolah baru saya besok)

Nah dari kalimat di atas yang merupakan adverb of time adalah tomorrow. Kenapa? Karena tomorrow atau besok ini menjelaskan atau memberikan keterangan kepada kita kapan saya akan pergi ke sekolah baru saya yaitu besok.

Kemudian saya coba berikan contoh lagi kepada teman-teman ya mengenai adverb of time ini. Kita lihat yuk pada contoh kalimat di bawah ini.

My big brother goes to college in the autumn. (Kakak saya pergi ke kampus di musim gugur)

Nah kali ini bentuknya adalah adverb phrase, hayo teman-teman masih ingat tidak apakah itu adverb phrases? Semoga masih ingat ya, kalau teman-teman lupa, teman-teman bisa membaca salah satu artikel saya terdahulu yang telah saya tulis yang membahas mengenai definisi adverb phrases.

Nah pada contoh kalimat di atas in the autumn merupakan adverb of time-nya ya. In the autumn atau di musim gugur terjemahan dalam bahasa Indonesia-nya memberikan keterangan tambahan kepada kita mengenai waktu, yaitu kapan kakak saya akan pergi ke kampusnya, yaitu pada musim gugur.

Sudah mengerti teman-teman sampai di sini penjelasan mengenai adverb of time ini? Sudah dong ya? Oh iya saya beri contoh satu buah kalimat lagi deh. Yuk mari kita lihat kalimat di bawah ini.

We’ll leave as soon as possible. (Kami akan pergi secepatnya)

Nah frase adverb as soon as possible pada kalimat di atas merupakan adverb of time nih teman-teman, karena as soon as possible yang kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia yaitu secepatnya, akan memberikan keterangan tambahan kapan kita akan pergi, yaitu secepatnya kita akan pergi.

Saya rasa tiga contoh kalimat yang saya berikan di atas sudah cukup ya memberikan gambaran kepada kita mengenai adverbs of time ini. Kalau begitu saya sudahi dulu ya pembahasan kita mengenai adverbs of time dalam bahasa Inggris ini. Sampai ketemu lagi teman-teman di sharing saya berikutnya mengenai pembelajaran bahasa Inggris. Tetap di blog belajar bahasa Inggris Iman Prabawa tentunya.

Sampai ketemu lagi..

Salam hangat,

Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di
belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)