Adverbs of Manner dalam Bahasa Inggris

1 Desember 2016 Tutorial Bahasa Inggris   |    Iman Prabawa


Halo teman-teman English learners dimanapun teman-teman berada. Kali ini pembahasan kita masih di seputar grammar ya, yaitu pembahasan kita adalah mengenai adverbs of manner dalam bahasa Inggris. Kan di tulisan saya yang lalu kita sudah membahas ya mengenai apa sih adverb itu. Untuk detailnya teman-teman bisa membaca tulisan saya yang terdahulu yang membahas mengenai apa sih adverb itu.

Yuk sekarang mari kita bahas mengenai bagian dari adverb yaitu adverb of manner..

Mengenal Adverbs Of Manner

Saya jelaskan sedikit dulu ya mengenai apa sih adverb itu. Adverb itu adalah kata yang menjelaskan kepada kita atau memberikan keterangan kepada kita mengenai verb. Verb itu kan adalah action word ya, atau dalam bahasa Indonesia kita mengenalnya dengan istilah kata kerja.

Nah adverb ini juga bisa juga menjelaskan tidak hanya verb saja tapi juga bisa menjelaskan mengenai adjective atau adverb di dalam sebuah kalimat. Oke sekarang kita sudah mendapatkan gambaran dan kejelasan mengenai apa sih adverb itu, sekarang kuta membahas adverbs of manner yang termasuk salah satu bagian dari adverb.

Nah adverbs of manner itu adalah adverb yang menjelaskan mengenai cara orang dalam melakukan suatu hal. Misalnya contoh kalimat di bawah ini.

He writes neatly. (Dia menulis dengan rapi)

Kita lihat neatly di atas itu adalah termasuk adverb of manner. Mengapa? Karena adverb tersebut menjelaskan bagaimana dia dalam menulis, yaitu dia menulis dengan rapi. Kemudian kita lihat lagi yuk contoh adverb of manner pada kalimat yang lain di bawah ini.

He was driving carelessly. (Dia menyetir dengan ceroboh)

Nah terlihat kan teman-teman, bahwa adverb of manner pada kalimat di atas yaitu carelessly menjelaskan bagaimana dia dalam menyetir, yaitu dia menyetir tidak dengan hati-hati, atau bisa kita bilang dia menyetir dengan ceroboh atau ugal-ugalan.

Kemudian saya kasih contoh lagi ya, kali ini adverb-nya termasuk ke dalam frase adverb atau adverb phrase, yang mana penjelasannya sudah saya jelaskan di tulisan saya yang sebelumnya di blog ini. Yuk kita lihat contoh kalimatnya di bawah ini.

Please speak in a clear voice! (Tolong berbicara dengan suara yang jelas)

In a clear voice adalah adverb-nya, dalam hal ini adverb-nya ngga cuma satu kata seperti pada contoh sebelumnya di atas kan tapi merupakan beberapa kata yang menjadi satu kesatuan arti. Nah inilah yang dimaksud dengan adverb phrase.

In a clear voice menjelaskan mengenai bagaimana seharusnya seseorang berbicara, dimana kalimat di atas merupakan kalimat perintah atau kita menyebutnya imperative sentence dalam bahasa Inggris. Nanti di pelajaran yang setelah ini kita akan membahas mengenai tipe-tipe kalimat dalam bahasa Inggris.

Kemudian saya beri contoh lagi ya pada kalimat di bawah ini.

The plane landed safely. (Pesawat mendarat dengan selamat)

Nah safely di atas merupakan adverb of manner, dimana hal ini memberikan keterangan tambahan kepada kita mengenai bagaimana pesawat tersebut mendarat, yaitu mendaratnya dengan selamat.

Kemudian saya beri satu contoh lagi yang terakhir ya. Mari kita langsung lihat aja pada kalimat di bawah ini.

David sings like a professional singer. (David menyanyi seperti penyanyi profesional)

Nah kalau kita lihat di atas kali ini adverb-nya merupakan adverb phrase, yaitu like a professional singer. Adverb ini memberikan keterangan kepada kita mengenai bagaimana David bernyanyi, yang mana cara bernyanyinya bagus sehingga disamakan seperti penyanyi profesional padahal David bukan penyanyi profesional.

Nah dengan 5 contoh kalimat yang sudah saya berikan teman-teman English learners dapat menangkap dan sekarang mengerti mengenai apa itu adverbs of manner dalam bahasa Inggris. Kalau begitu saya sudahi dulu ya pembahasan kita kali ini.
Sampai ketemu lagi kalau begitu teman-teman..

Salam hangat,

Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di
belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)