Adverb Phrases dalam Bahasa Inggris



Halo teman-teman English learners, ketemu lagi kita. Kalau di tulisan yang kemarin kita sudah berkenalan dengan apa itu adverb, yaitu kata yang menjelaskan atau memberikan informasi tambahan mengenai verb, bisa juga memberikan informasi tambahan mengenai adjective atau pun memberikan tambahan mengenai adverb, sekarang kita akan berkenalan dengan yang namanya adverb phrases dalam bahasa Inggris.

Nah bedanya apa dengan adverb biasa yang kemarin sudah kita bahas itu? Yuk mari kita bahas..

Apa Itu Adverb Phrases?

Adverb phrases adalah sekumpulan kata-kata yang berfungsi sebagai adverb. Kalau adverb yang kemarin kita pelajari kan adverbnya cuma satu kata. Masih ingat contoh kalimat yang kemarin saya berikan? Yuk kita lagi di bawah ini contoh kalimatnya..

She writes neatly. (Dia menulis dengan rapi)

Nah neatly(kata yang saya beri warna merah) itu kan adverb ya, dan cuma satu kata, sementara kalau adverb phrases dia ngga satu kata. Kita lihat pada contoh kalimat di bawah ini ya.

Are you sitting in a comfortable chair? (Apa kamu lagi duduk di kursi yang nyaman?)

Nah frase in a comfortable chair itu adalah adverb phrase. Fungsinya sama persis dengan adverb yaitu kalau dalam kasus ini adalah memberikan informasi tambahan mengenai verb sitting. Jadi adverb phrase di atas menjelaskan di mana orang itu sedang duduk.

Saya berikan contoh kalimat lagi ya unyik adverb phrases ini. Kita lihat kalimat di bawah ini.

He draws cartoons like a real cartoonist. (Dia menggambar kartun seperti seorang kartunis sejati)

Nah dari kalimat di atas, yang mana yang merupakan adverb phrase? Yang saya berikan warna merah ya pastinya, like a real cartoonist. Nah adverb phrase yang ini, like a real cartoonist atau seperti kartunis sejati itu memberikan informasi mengenai cara atau gaya dia dalam menggambar yang sudah terlihat seperti seorang kartunis sejati, padahal sebenarnya dia belum termasuk kartunis sejati misalnya.

Kemudia saya beri satu lagi contoh adverb phrase di dalam sebuah kalimat ya. Yuk kita lihat kalimat di bawah ini.

The train arrived on time. (Keretanya tiba tepat waktu)

Nah on time di atas masuk sebagai adverb phrase. On time atau tepat waktu ini memberikan keterangan atau informasi kepada kita mengenai kedatangan si kereta yang mana adalah tepat waktu.

Sampai sini teman-teman English learners ngga bingung kan dan sudah dapat gambaran mengenai seperti apa adverb phrases dalam bahasa Inggris itu? Yang jelas merupakan sekumpulan kata ya, dan bukan cuma satu kata aja, tapi kumpulan kata itu berfungsi sebagai satu kesatuan. Contoh adverb phrases misalnya under the sea, with great regret, to understand better, after the sunset, in the forest dan lain-lain.

Kalau begitu saya sudahi dulu sharing saya mengenai adverb phrases ini ya. Sampai ketemu lagi di sharing saya yang lain, tentunya tetap di blog belajar bahasa Inggris Iman Prabawa ini. See yaa..

Salam hangat,

Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di
belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)