Adjective dalam Bahasa Inggris

5 September 2016 Tutorial Bahasa Inggris   |    Iman Prabawa


Kali ini pelajaran kita adalah mengenai adjective dalam bahasa Inggris. Apa sih adjective itu? Nah di tulisan ini kita akan membahasnya ya. Apa yang kita bahas ini masih termasuk ke dalam yang namanya grammar. Aduuuhh grammar! Jangan dong! Arrrgghh!! Males deh belajar grammar! Hihihi kriuk kriuk, santai dulu teman-teman, saya akan coba menjelaskannya dari yang paling dasar dulu.

Ini juga masih dari buku yang dasar sekali, jadi teman-teman yang memang baru dari dasar belajar bahasa Inggris juga bisa mengikuti ini. Kita kenalan dulu aja dengan definisinya, baru saya beri contoh-contoh dalam kalimatnya, sehingga teman-teman pun akan dengan mudah bisa mengerti.

Yuk mari langsung aja kita bahas..

Mengenal Adjective Dalam Bahasa Inggris

Adjective adalah kata yang memberikan penjelasan, biasanya menjelaskan mengenai noun, dan kadang berada sebelum sebuah noun. Tapi bisa juga sebuah adjective itu berada setelah noun, mungkin berada di akhir kalimat. Tetap fungsi dari adjective ini memberikan semacam keterangan atau penjelasan.

Contohnya, a smart dog, dimana kata "smart" ini adalah adjective, kata ini menjelaskan mengenai dog, kata ini menjelaskan bahwa anjing ini adalah anjing yang pintar. Jadi posisi adjective disini menerangkan si anjingnya.

Kemudian contoh yang kedua adalah an old building, dimana old itu adalah adjective. Seperti kita lihat bahwa kata "old" ini fungsinya adalah menerangkan mengenai keadaan building tersebut. Jadi disini kata "old" ini menjelaskan bahwa bangunannya adalah bangunan yang sudah tua.

Kemudian contoh yang berikutnya nih misalnya adalah a tall basketball player, dimana kata "tall" ini adalah sebuah adjective, disini kata "tall" ini menerangkan mengenai pemain bola basket, dimana pemain basket ini adalah orang yang tinggi.

Nah teman-teman dari contoh yang sudah saya berikan di atas, tiga contoh tersebut sudah mendapatkan gambaran kan ya mengenai apa itu adjective? Sampai sini teman-teman tidak bingung kan?

Kita lihat lagi yuk pada gambar di bawah ini, ini semua contoh-contoh dari adjective. Yang mana yang dihitamkan atau ditebalkan itu adalah kata yang termasuk ke dalam adjective. Yuk mari kita lihat..

Ngga bingung kan ya? Kalau bingung pegangan aja hayoo.. Hihihi kriuk kriuk, saya sudahi dulu kalau begitu sharing pembelajaran bahasa Inggris online saya kali ini mengenai adjective dalam bahasa Inggris. Semoga bisa membawa manfaat untuk teman-teman semuanya. Selamat belajar and see you guys.

Salam hangat,

Imam Prabawa
(Lihat tutorial bahasa inggris lainnya di belajarbahasainggrisiman.blogspot.co.id)