6 Cara Memulai Percakapan dengan Orang yang Baru di Kenal

11 Februari 2017 Tutorial Bahasa Inggris


Ketika kamu ingin memulai pembicaraan dengan orang baru baik laki-laki ataupun perempuan, atau kamu ingin memberikan kesan pada pembicaraan pertama. Ice Breaking biasa digunakan untuk memecah suasana yang tadinya kaku menjadi suasana yang hangat dan nyaman. Seorang pemecah suasana yang baik dapat membantumu membuat sebuah kesan yang menarik. Itu dapat merubah seseorang yang tadinya baru di hidup kita menjadi seseorang yang berharga seperti pertemenan atau partner yang baik.

Wajar memang merasa gugup ketika bertemu seseorang yang baru. Awalnya setiap orang pasti sedikit malu, kamu tidak tahu apa yang lawan bicaramu sukai. Mulailah dengan mengisi pembicaraan dengan hal-hal yang umum. Dengarkan lawan bicaramu karena ini berpengaruh pada pembicaraan selanjutnya. Untuk membantu kamu melewati momen canggung ketika berbicara dengan orang baru. Saya akan memberikan 10 tips yang bisa digunakan untuk memulai pembicaraan.

"How are you doing ?"

Dengan mengatakan apa kabar kepada seseorang, disertai senyum salama 3 detik adalah salah satu ice breakers yang efektif. Coba kamu liat seseorang yang mengucapkan "Good Morning" atau "How are you ?". Biasanya sapaan tersebut diikuti dengan "How are you", "How are the kids". Dari pembicaraan tersebut, bisa berlanjut membicarakan keluarga dan bahkan tim olahraga.

"Does This Shop Always Have Such Long Lines!"

Berkomentar pada situasi yang tidak memuaskan atau tidak nyaman yang kalian berdua alami adalah salah satu strategi untuk membuka pembicaraan. Kamu bisa komentar tentang antrian panjang di toilet atau antrian tiket kereta.
Dengan berfokus pada situasi yang tidak nyaman yang kamu alami, itu bisa membuka pembicaraan dengan cerdas.

"The traffic make me mad."

Ya, kamu membicarakan tentang kemacetan di dalam bus. Mungkin terdengar biasa saja, tetapi coba saja, berdasarkan pengalaman saya pribadi dengan membuka pembicaraan seperti itu bisa memecah suasana.

"That’s a lovely name, Are you named after someone?"

Strategi ini berfungsi dalam lingkungan kerja, pertemuan bisnis, atau konferensi dimana orang-orang menggunakan nametag. Jika dia memiliki nama yang menarik, hampiri dan bilang "Agus Supriatna, you must be sundanese, right ?". Lawan bicaramu akan sangat antusias menjelaskan asal-usul namanya. Dan percakapan dimulai.

"Hello, Do you work here?"

Cara ini bisa kamu gunakan juga di lingkungan kerja dimana orang-orang mengguakan nametag. Walaupun kamu tahu jawabannya, coba tanyakan apakah dia bekerja disini. Pertanyaan itu akan diikuti dengan pertanyaan lain seperti "What do you do here?", "Have you been working here a long time?", Do you like It here?", What’s your favorite/worst part of your job"

"Excuse me, I just thought I should come over and talk to you."

Kadang pemecah suasana yang terbaik dan paling menyenangkan adalah kejujuran. Hampiri dia dan jujurlah. Beritahu dia bahwa kamu ingin bicara kepadanya. Tunjukan seberapa canggung dan menyenangkan situasinya untuk kalian berdua dan cobalah jadi yang terbaik. Kejujuran bisa menjadi yang terbaik.

Oleh: Muhamad Erzal
(Diolah dari berbagai sumber)