5 Tips Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu

23 Januari 2017 Tutorial Bahasa Inggris


Bahasa inggris merupakan bahasa Internasional yang hampir semua negara di dunia menggunakannya sebagai bahasa keduanya. Bahasa inggris juga dapat menjadi kunci sukses Anda, misal ada sebuah perusahaan multinasional yang sedang mencari karyawan, jika kamu memiliki kemampuan lebih dalam berbahasa Inggris maka nilai jual Anda juga akan meningkat.

1. Pelajari vocabulary secara perlahan

Vocabulary menjadi sebuah awal jika kalian ingin menguasai bahasa Inggris, tidak perlu terburu-buru dalam mempelajari vocabulary tetapi konsisten. Misal 1 hari Anda harus mempelajari dan menghafal 5-10 vocabulary baru dalam bahasa inggris. Hal tersebut bisa dilakukan misal dengan benda-benda yang Anda temukan di hari itu.

2. Mendengar lagu berlirik bahasa Inggris

Mendengar lagu berbahasa inggris bisa menjadi alternatif dan cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan listening Anda dalam bahasa Inggris. Dengan cara mendengar lagu tersebut beberapa kali sambil menerka-nerka liriknya, Anda bisa membandingkan lirik yang anda dengar dengan lirik lagu yang benar.

3. Menonton Film tanpa subtitel

Jika Anda hobby menonton film yang menggunakan bahasa Inggris, cobalah untuk menonton film tersebut tanpa subtitel bahasa Indonesia. Sebagai langkah awal mulailah menonton film dengan subtitel bahasa inggris, sembari Anda membandingkan apa yang terdengar di telinga dan apa yang terdapat pada subtitel. Selain itu kamu juga bisa mempelajari bagaimana native speaker bercakap-cakap dalam bahasa Inggris

4. English day

Untuk melatih kemampuan berbahasa inggris Anda, bisa dimulai dengan membuat 1 hari/minggu atau 1 hari/2 minggu full berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Lebih baik lagi jika anda menemukan lawan bicara yang sedang belajar atau sudah fasih berbahasa inggris.

5. Membaca buku

Membaca buku dalam bahasa inggris bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda, terutama dalam kosa-kata. Untuk meningkatkan hal tersebut biasakan anda mencari tahu sendiri kata-kata yang tidak anda tahu, sehingga ketika anda mengetahuinnya hal tersebut akan terus teringat di memori Anda.

Oleh: Muhamad Erzal
(Diolah dari berbagai sumber)