Yuks Cari Tahu Sumber Motivasi Anak!

28 Agustus 2013 Solusi Pendidikan


Setiap anak pastilah memiliki daya tangkap yang berbeda-beda saat mereka sedang belajar untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Terkadang anak seringkali belum paham bagaimana caranya untuk mendapatkan nilai yang baik dalam pengalaman belajarnya yang akan ditempuhnya.Untuk pengalaman belajar, tentulah anak harus memiliki pengalaman belajar yang lama dan memiliki nilai yang baik agar ketika dewasa ia berguna di masyarakat. Inilah sebabnya mengapa kita sebagai orang tua harus melakukan segala untuk membantu dan memastikan bahwa anak-anak kita menikmati sekolah dan mendapatkan nilai terbaik

Biasanya jika anak dibekali rasa percaya diri sejak kecil , ia akan dapat belajar secara baik ketika melanjukan ke jenjang lebih tinggi. Namun pada kenyataanya, anak seringkali minder saat mengawali bulan pertamanya masuk sekolah.

Disini orangtua harus berfungsi sebagai motivasi anak untuk membantu mereka mengawali hari-hari mereka sebagai siswa di sekolah. Cobalah untuk menerapkan metode agar anak dapat meningkatkan produktifitasnya seperti berikut ini.

1. Mendorong Keingintahuan dalam berkreativitas
Keingintahuan adalah aspek yang sangat penting dari pembelajaran. Anak-anak yang memiliki tingkat tinggi rasa ingin tahu dan didorong untuk mengikuti dan belajar dari pertanyaan yang mereka miliki, cenderung menjadi diri termotivasi dan melakukannya dengan baik di sekolah.

Kreativitas berkaitan erat dengan rasa ingin tahu alami dan juga harus dipelihara dan dihargai. Bagian dari mendorong rasa ingin tahu dan kreativitas memungkinkan untuk waktu luang bagi mereka untuk belajar dan mempelajari mata pelajaran yang menarik bagi mereka.

2. Memiliki Tempat yang tenang untuk belajar
Lingkungan fisik untuk belajar tanpa gangguan merupakan hal sangat pentingdalam belajar.Memiliki tempat belajar yang tenang membuat perbedaan besar dalam membantu anak berkonsentrasi dan menganggap belajar adalah hal yang penting untuk mencapai keberhasilan kelak.

3. Ajarkan anak untuk konsisten terhadap peraturan yang rutin
Manusia berhasil dalam pendidikan karenamenerapkan peraturan dalam hidup merekabegitu pun juga dengan anak. Orang tuadapat memberikan peraturan yang terstruktur untuk anak-anak dan membantu mereka memahami pentingnya pilihan apa yang baik seperti contoh ketika anak dihadang dengan 2 pilihan seperti ingin bermain padahal PR belum diselesaikan. Maka anak akan berpikir apa yang menurut mereka lebih penting pasti akan dikerjakan terlebih dahulu.

4. Mempunyai komunikasi baik dengan guru
Tidak hanya anak, orangtua pun juga harus memiliki relasi yang kuat dengan orangtua didiknya ketika di sekolah. ketika sulit untuk mengetahui bagaimana membantu anak jika tantangan yang mereka hadapi, seorang guru dapat memberikan penjelasan yang sangat spesifik dari keahlian anak dalam belajar sehingga orangtua mengerti bakat serta mencarikan solusi apabila anak merasa kesulitan dalam memahami pelajaran yang diberikan.

5. Kenalkan teknologi kepada anak
Saat ini, kita hidup di dunia serba digital karena pesatnya teknologi karya ciptaan manusia. Berikanlah perhatian khusus untuk anak seputar teknologi yang ada saat ini. seperti halnya komputer. Komputer memang sudah pesat dan dapat ditemukan dimana saja. Ajari dan berikan petunjuk bagaimana menggunakan alat canggih dengan baik. Kelak, ia tidak akan merasa Gaptek (gagap teknologi) ketika ia sudah remaja dan bisa memanfaatkan teknologi sebagai sumber informasi bukan disalahgunakan

(Albert Sentosa, dikutip dari edudemic.com)