Yuk Kenal Lebih Jauh Mengenai RPP Kurikulum 2013

24 September 2014 Solusi Pendidikan   |    Arief Widiatmoko


Guru-guru yang sudah menerapkan kurikum 2013 disekolahnya mungkin ingin mengetahui lebih dalam mengenai RPP. Dalam tulisan ini, akan coba dibahas mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau sering disingkat RPP.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sendiri adalah sebuah program pembelajaran yang dibuat guna mencapai satu atau beberapa kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus, dimana program ini disiapkan untuk satu atau beberapa kali pertemuan di kelas.

Di dalamnya RPP berisi gambaran mengenai apa yang akan dilakukan oleh guru dan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung sehingga RPP bisa disebut sebagai perencanaan jangka pendek mengenai pembelajaran yang dilakukan dan hasil apa yang ingin dicapai dalam pembelajaran tersebut.

RPP disini memiliki fungsi penting yang membantu guru dalam pembelajaran di kelas. Fungsi pertama adalah sebagai perencanaan, dimana RPP dapat mendorong guru agar lebih siap dan memiliki perencanaan yang matang ketika melakukan kegiatan pembelajaran. Sehingga guru, dalam setiap kali melakukan pembelajaran memilki persiapan seperti bahan ajar dan kesiapan pemikiran.
Fungsi kedua adalah penerapan yang mengefektifkan kegiatan belajar yang sudah tertuang dalam RPP. Guru diharapkan bisa menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan dari peserta didik dengan materi pembelajaran. Adanya RPP akan memandu jalannya pembelajaran, sehingga pembelajaran akan lebih fokus. Setelah Pelaksanaan RPP, maka kemudian guru bisa melakukan evaluasi dimana indikator penilaian atau keberhasilan pembelajaran diukur.

Pelaksanaan pembelajaran menggunakan RPP tidak harus 100% sama, dimana kondisi kelas yang dinamis akan menuntut guru agar bisa lebih adaptif dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, seperti faktor, emosi dan kemampuan siswa menjadi pertimbangan guru. Guru dalam hal ini bisa terus melakukan perbaikan RPP dan menyiapkan RPP selanjutnya dengan lebih baik. Oleh karenanya, RPP disusun oleh guru secara bertahap dan tidak sekaligus 1 semester atau bahkan 1 tahun dengan mempertimbangkan faktor kelas yang dinamis.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan RPP meliputi tiga hal. Pertama adalah mengidentifikasi dan mengelompokkan kompetesi mata pelajaran yang ingin dicapai setelah proses pembelajaran. Kompetensi mata pelajaran adalah batas dan arah kemampuan yang harus dimiliki dan dapat dilakukan oleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran suatu mata pelajaran tertentu.

Kedua, mengembangkan materi standar yang menjelaskan mengenai hal apa saja yang harus dipelajari oleh peserta didik untuk mencapai kompetensi. Dan yang terakhir adalah menentukan metode pembalajaran. Penentuan metode pembelajaran erat kaitannya dengan penetapan strategi pembelajaran yang paling efektif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Langkah-langkah pengembangan RPP perlu diperhatikan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Dimana dalam pengembangan RPP kreativitas guru sangat dibutuhkan, agar RPP dapat membantu kesuksesan guru dalam pelaksanakan pembelajaran dikelas dan juga pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai anak didik tercapai.

(Dikutip dari berbagai sumber)