Yuk Intip Tablet untuk Edukasi!

28 Oktober 2013 Solusi Pendidikan   |    Arief Widiatmoko


Sudah familiar dengan gadget tablet ? Tentunya banyak yang sudah tahu mengenai iPad atau android tablet. Tapi apakah Anda tahu kalau tablet juga ada yang untuk edukasi? Ingin tahu ? Yuk kita intip beragam tablet untuk edukasi berikut ini .

Intel Education Tablet


Intel Education Tablet tersedia dengan ukuran 7" dan 10", dimana tablet ini didesain secara khusus untuk kebutuhan siswa. Kemampuan multi-touch pada displaynya dan tersedianya software e-Reader membuat siswa bisa mengakses konten yang kaya yang terdapat dunia maya.

Dengan ukuran tablet yang ultraportable membuat tablet ini bisa dibawa dengan mudah untuk mengumpulkan data dengan kamera bawaan kemudian dianalisa dengan software edukasi Intel. Siswa kemudian bisa berkolaborasi bersama-sama dengan teman kelas membandingkan penemuan mereka dengan yang telah ada di Internet.

Tablet 10" yang baru dilengkapi dengan fitur inovatif seperti lup kaca pembesar, yang akan membantu pembelajaran yang memanfaatkan penglihatan jarak dekat, dan juga plug-in pembaca termal yang akan memperluas jenis eksperimen dan eksplorasi yang dilakukan.

Tablet Intel ini memiliki spesifikasi display LCD dengan resolusi 1280x800 (untuk tablet ukuran 10") dan 1024x600 (untuk tablet ukuran 7"). Tablet ini memiliki prosesor Intel 1,6Ghz Atom Z2460 (untuk yang 10") dan Intel 1,2Ghz Z2420 (untuk tablet 7"). Untuk ram sendiri tablet ini telah memilliki Ram 1 GB DDR2, dengan menjanjikan daya tahan batere hingga 6,5 jam bagi pengguna.

Tablet Nexus


Dalam websitenya google.com/edu/, Google menulis bahwa akan ada Nexus tablet untuk edukasi, dimana google telah membuka pengembangan aplikasi android untuk edukasi. Developer akan bisa menawarkan aplikasi ke sekolah melalui Google Play for Education. Rencananya Nexus tablet dan akses ke Google Play for Education akan dihadirkan akhir tahun 2013.

Dengan ini Google akan bisa memperluas pasarnya ke segmen edukasi. Sekolah akan bisa menikmati kemudahan dan portabilitas tablet bersama dengan sumber edukasi yang mudah diakses.

Nexus Tablet memiliki spesifikasi display Full HD LED backlit IPS LCD 7" menjanjikan kejernihan gambar yang tertampil di tablet ini. Nexus tablet juga dibekali dengan proteksi layar Corning Gorilla Glass. Sedangkan untuk processornya Nexus tablet ini menggunakan Snapdragon Quad core 1,5Ghz Krait. Untuk Ram sendiri tablet ini memiliki 2GB Ram. Untuk ketahanan baterai dijanjikan bisa mencapai 9 jam.

Amplify Tablet


Amplify tablet diperuntukkan khusus untuk sekolah dengan jenjang hingga SMA. Dimana tablet Amplify didesain secara khusus dengan focus untuk mengajar dan belajar. Di dalamnya tersedia platform yang unik untuk sistem edukasi seperti Learning Management System, Content Management System.

Dimana sistem ini telah terintegrasi dengan antarmuka yang mudah digunakan oleh guru dan siswa ketika dipakai. Beberapa aplikasi untuk edukasi yang tersedia di Amplify Tablet adalah, Desmos Graphing, Gooru Open Educational, Resourch Search, Amplify math Map (sebuah pembelajaran dasar dan penguasaan matematika untuk SMA) Science History Flexbooks, EverFi digital Literacy Curicullum.

Amplify Tablet memiliki spesifikasi yang cukup tangguh, dengan ukuran layar 10" dan telah menggunakan Android Jelly Bean. Dari segi processor Amplify tablet menggunakan Nvidia Tegra 3. Baterai dijanjikan dapat bertahan hingga 8,5 jam.

(Dikutip dari berbagai sumber)