Yuk Belajar Melalui Sebuah Film

23 Oktober 2015 Solusi Pendidikan   |    Ariyanti Suliaswanti


Selama kita hidup kita akan terus belajar, ada banyak cara kita mendapatkan pengetahuan salah satunya dengan belajar di sekolah. Namun tidak hanya disekolah kita dapat belajar dan mendapatkan pengetahuan, ada banyak sekali media yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran kita. Misalnya internet, aplikasi, website dan lain-lain.

Selain yang disebutkan diatas masih ada beberapa media yang dapat dijadikan bahan pembelajaran salah satunya film. Menurut Wibowo, film adalah suatu alat untuk menyampaikan berbagai pesan kepada khalayak umum melalui media cerita. Film memiliki berbagai jenis, nah yang dapat dijadikan sebagai pembelajaran biasanya berbentuk film sejarah seperti sejarah bagaimana Indonesia merdeka dan lain-lain.

Belajar melalui film itu asik, selain karena sebagai pengetahuan juga sebagai ajang refreshing siswa dari rutinitas belajar yang biasanya hanya menggunakan buku teks. Kemudian setelah film ditayangkan, siswa dapat saling berdiskusi dan memaparkan pendapatnya dengan tetap menyesuaikan materi pembelajaran.

Namun catatan penting untuk pendidik sediakan film yang memang sesuai dengan umur dan pembahasan yang dipelajari. Dikarenakan ada beberapa film yang memang bagus untuk dijadikan pembelajaran namun belum bisa dimengerti oleh anak-anak.

Jadi, yuk kita coba belajar melalui film!

Semoga bermanfaat!

(Dikutip dari berbagai sumber)