Woow... Field Trip Tanpa Biaya. Memang Bisa?

25 Oktober 2012 Solusi Pendidikan   |    Rosaria Lia


Field Trip! Yeeeeiiy! Siapa yang tidak suka ikut kegiatan yang satu ini? Bapak ibu guru biasa ajak murid-murid untuk filed trip kemana? Museum? Taman Nasional? Tempat bersejarah? Kebun binatang? Ada banyak tempat yang bisa dijadikan pilihan.

Tentunya untuk field trip yang bisa berjalan dengan lancar, aktifitas fun learning ini harus dipikirkan dan direncanakan dengan apik dan matang. Banyak yang perlu dipersiapkan, di antaranya pilihan tempat, waktu dan biaya pastinya.

Bagaimana jika waktu dan biaya untuk pergi ke tempat field trip menjadi kendala? Solusinya, pakai cara baru untuk field trip: Virtual Field Trip ! Cara Field trip yang satu ini tidak kalah menyenangkan! Berikut beberapa tempat virtual field trip yang dari salah satu artikel yang ditulis oleh Logan Harper di situs Edudemic yang bisa menjadi pilihan untuk bapak ibu guru yang akan mengadakan field trip untuk murid-murid nya!

1. Google Earth
Yuks field trip ke berbagai tempat di dunia bareng google earth. Jika kita belum bisa mengajak murid-murid kita untuk ke Paris mengunjungi Menara Eiffel, kita bisa menjelajahi tempat indah dan romantis ini secara virtual. Sebut saja mau field trip kemana. Mengunjungi Koloseum di Roma yang merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia? Bisa banget!


2.Google Art Project
Siswa-siswi bapak ibu guru suka mengunjungi museum? Virtual field trip yang satu ini bisa dicoba! Lakukan field trip bareng Google Art Project! Di sini, siswa-siswi bisa melihat lebih dari 30,000 galeri seni! Bisa mengunjungi lebih dari 150 museum dan art gallery dari 40 negara di dunia!


Museum atau art galery mana yang ingin dikunjungi? The Tate Gallery, The Metropolitan Museum of Art danthe Van Gogh Museum? Bisa dikunjungi lho! Bahkan bisa masuk ke dalam, melihat secara detil untuk karya seni nya, deskripsinya dan lain-lain. Bapak ibu guru bisa mengajak siswa-siswi untuk field trip ke salah satu museum dan setelah selesai, bapak ibu guru bisa mengakhiri virtual field trip dengan sharing dan diskusi bersama. Sounds great to try, doesn’t it?

3. Virtual Farm
Farming? Kenapa tidak? Di 4-H Virtual, bapak ibu guru bisa mengajak para siswa untuk bertani. Terdapat berbagai pilihan seperti beternak kuda, merawat kolam ikan, beternak sapi atau ayam dan bercocok tanam.


4..Whale and Dolphine Conservation Society
Di Whale and Dolphin Conservation Society, bapak ibu guru bisa mengajak siswa-siswi untuk mengenal kehidupan mamalia, khususnya paus dan lumba-lumba. Di sini guru dan siswa bisa mempelajari bagian-bagian tubuh paus secara dekat!


5. Inside the White House
Pernah bayangin untuk field trip ke White House? Field trip yang wow dengan budget yang wow pula pastinya. Tapi dengan virtual field trip, hal ini sangat mungkin untuk dilakukan. Bahkan kamu bisa melihat video yang mengajak kamu touring ke berbagai bagian White House, seperti sayap barat, selatan, timur dan bagian residen/tempat kediaman presiden.


Seru kan virtual field trip? Jika kendala biaya dan waktu bisa diatasi dengan ini, kenapa tidak? Semoga bisa bermanfaat untuk dijadikan pilihan.
Bisa juga mengunjungi tempat-tempat lainnya, seperti tembok Cina, Katedral Notre Dame di Paris, atau Opera House di Sydney? Bisa koq! Kalau di Indonesia, ada tempat apa saja sih yang bisa dikunjungi? Tunggu ulasannya di artikel selanjutnya!