Tips untuk Belajar Efektif

7 April 2014 Solusi Pendidikan   |    Arief Widiatmoko


Masa ujian adalah masa dimana tingkat stres menjadi tinggi dari biasanya. Stres bisa menjadi sesuatu yang positif, membuatmu tetap termotivasi dan fokus. Tetapi terlalu banyak stres tidak akan menolong, dan bisa membuat kita merasa tertekan, bingung dan membuat kita terkuras tenaga.

Selama waktu ujian, sangat penting untuk tetap mencoba dan menjaga semua tetap terkontrol dan menemukan cara untuk mengurangi stres. Kuncinya adalah memaksimalkan belajar tanpa menambah kegelisahan.

Yuk intip beberapa tips tentang kebiasaan belajar yang efektif:


Tempat belajar yang nyaman. Memiliki tempat belajar yang nyaman akan memberi efek yang besar kepada seberapa baik kita bisa belajar. Belajar di tempat terang, tenang, jauh dari suara bising. Mungkin akan nyaman kalau kita bisa belajar di perpustakaan. Pastikan meja tidak berantakan dan selalu terorganisir. Hal ini akan membantu untuk membuat lebih fokus dalam belajar.

Mencari tahu tentang Ujian. Cari tahu bagaimana ujian yang akan ikuti. Apakah ujiannya berbentuk essay, jawaban pendek atau pilihan ganda? Apakah guru akan membolehkan kita membawa catatan atau buku selama ujian? Mungkin sebaiknya mencari tahu juga bagaimana ujiannya akan dinilai, dan berapa besar persentase nilai akhir akan dipengaruhi oleh nilai ujian. Mengetahui hal ini bisa menolong untuk belajar lebih efektif.

Membuat daftar yang harus dilakukan. Membuat daftar yang harus dilakukan setiap sesi belajar. Memecah tugas menjadi lebih kecil, mengelola tugas akan membuat belajar lebih berkualitas. Dan kemudian buat cek untuk tugas yang sudah dikerjakan.

Mengikuti Kelompok Belajar. Membuat grup belajar dengan teman kelas bisa membantu untuk memperbaiki catatan dan bekerja menyelesaikan soal ujian yang lalu. Ini juga akan membuatmu merasa disupport, dan tetap membuatmu termotivasi dan fokus. Jika punya pertanyaan ketika belajar kelompok, jangan ragu untuk bertanya kepada teman, mereka mungkin bisa membantu.

Menempel "Post it" di ruangan. Tulis sesuatu yang penting pada lembar kecil kertas. Tempel di tempat dimana kamu akan sering melihatnya, seperti diatas tempat tidur, di kamar mandi, di pintu lemari es. Menempel post it dapat membantu mengingat rumus, kata-kata penting atau bahasa asing.

Banyak bertanya kepada guru atau tutor. Guru atau tutor bisa membantu jika kita memiliki masalah mengenai topik tertentu. Bertanya tidak membuatmu terlihat bodoh - itu merupakan cara yang pintar dimana kita bisa masuk kedalam pengalaman dan pengetahuan mereka untuk membantumu mengerti lebih baik. Selalu datang kembali ke mereka jika masih belum yakin atau masih memiliki pertanyaan.

Mengetahui gaya belajar sendiri. Beberapa orang belajar lebih baik dengan mendengarkan, ketika yang lain belajar lebih baik dengan melihat/mengalaminya secara langsung. Kalau Anda termasuk tipe yang mana? Pikirkan bagaimana kita memahami penjelasan guru di kelas. Dan ini akan membantumu belajar lebih efektif. Sebagai contoh, jika Anda termasuk orang yang suka belajar lewat mendengar, mungkin bisa merekam pengajaran guru dan mendengarkan rekaman tersebut untuk belajar. Jika Anda adalah tipe orang visual, Anda bisa melihat video atau gambar agar bisa mengingat lebih baik.

Mengambil waktu jeda istirahat. Bangun dan bergerak sebentar dari meja belajar selama 10 menit setiap 50 menit itu akan membuatmu berkonsentrasi lebih baik.

Manajemen Waktu

Hindari Penundaan. Penundaan terjadi ketika kita melakukan semua tetapi bukan tugas yang harus dikerjakan. Mungkin normal melakukan sedikit penundaan. Tetapi terlalu banyak penundaan bisa menambah stres yang dihadapi dan mengakibatkan Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan persiapan yang baik. Mengelola waktu yang Anda miliki dan menset satu tujuan yang realistik untuk setiap sesi belajar bisa membantu untuk menghindari penundaan dan membuat tugas tidak terlalu memberatkan.

Membuat sebuah jadwal belajar. Menulis semua hal yang harus dilakukan setiap hari, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tiap hal yang dikerjakan, termasuk waktu tidur yang cukup, waktu santai, bermain, dan latihan. Cari tahu kapan jadwal setiap hari ujian berlangsung dan membuat jadwal belajar untuk persiapan menuju ujian. Masukkan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pra-tes untuk mengukur gap pengetahuan yang dimiliki. Ini akan memberikan arahan dan membuat bisa lebih fokus belajar setiap minggu atau hari.

(Disadur dari: us.reachout.com)