Tingkatkan Rasa Cinta Bahasa Tanah Air dengan Tesaurus Tematis!

21 Januari 2019 Solusi Pendidikan   |    Josua Manurung


Saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendorong warga Indonesia untuk lebih mencintai bahasa tanah air. Untuk itu Kemdikbud mengembangkan berbagai aplikasi, salah satunya adalah Tesaurus Tematis.

Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia Daring merupakan website hasil pengembangan dari versi cetaknya yang sudah terlebih dulu keluar tahun 2013. Walaupun sudah dibuat menjadi digital, namun versi cetaknya tetap diproduksi sehingga tersedia dua alternatif pilihan bagi pengguna yang ingin mengakses produk kebahasaan dan kesastraan.

Seiring kemajuan teknologi, masyarakat lebih memilih menggunakan perangkat yang lebih praktis dan efisien. Buku - buku berat seperti kamus bahasa jadi ditinggalkan. Untuk itu Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menyesuaikan diri dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat kini.

Pembuatan versi daring ini menjadi salah satu wujud adaptasi terhadap kemajuan teknologi informasi tersebut. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan masyarakat tidak lupa akan bahasa tanah air.

Yuk coba kamus daring ini di tesaurus.kemdikbud.go.id!

(Dikutip dari tesaurus.kemdikbud.go.id)