Sebelum Belajar, Cari Tahu Kerja Otak Terlebih Dahulu.

21 April 2014 Solusi Pendidikan   |    Kholid Rosyidi MN


Saya sering mengamati, banyak para siswa yang kesulitan untuk memahami suatu pelajaran atau mata kuliah.Tidak perlu mendetail untuk menguji sejauh mana siswa dapat memahami materi yang diberikan, yang paling mudah untuk menguji pemahaman mereka adalah menanyakan tentang konsep dasarnya saja.

Contoh: misalkan saya mengajar tetang "Biokimia" yang saya tanyakan hanya apa itu biokimia? Ketika siswa tidak mengetahui pengertian biokimia sudah dapat dipastikan mereka tidak akan mengetahui secara detail apa itu biokimia.

Mengapa demikian? Karena mereka tidak menggunakan pemahaman terstruktur, mengapa saya memiliki pendapat demikian,kita perlu mengetahui cara kerja otak kita sebenarnya otak dapat menerima dan memahami suatu ilmu dimulai dari konsep dasarnya atau mudahnya dari judulnya dulu baru ke yang lainnya kalau dalam pelajaran bahasa indonesia di mulai dari umum ke khusus. Jadi konsep dasar merupakan pondasi pertama siswa dalam memahami pelajaran yang akan diberikan.

Semisal kita membahasa tentang biokimia kita harus mengetahui pengertian biokimia baik:

- secara Etimologis (bahasa) atau

- secara Harfiah (makna)

Baru setelah itu Anda akan dilingkupi dengan pemikiran kritis yang akan mempertanyakan pengertian tersebut sehingga terbentuklah analisa, sanggahan dan bantahan yang dapat memberikan pemahaman Anda, oleh karena itu sangat diperlukan pemikiran terstruktur dan simple dalam memahami suatu bidang ilmu, dari sinilah Anda akan memulai berselancar ilmu.

Salam sukses.

(Penulis adalah seorang motivator)
Blog: kholidrosyidi.blogspot.com