Ruang Bermain Edukatif, Solusi Kembangkan Kreativitas Anak

30 Juli 2018 Solusi Pendidikan   |    Faqih Faturahman


Beberapa faktor pembentuk karakter anak salah satunya berawal dari keluarga. Sebagai orang tua, pastinya Anda berharap si kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang santun, sehat dan juga cerdas. Menurut sebagian para ahli berpendapat bahwa sarana belajar anak yang paling baik adalah dengan bermain.

Maka dari itu, langkah awal yang paling efektif adalah menyediakan fasilitas atau tempat di mana anak bisa mengeksplorasi bakat serta berkreativitas. Salah satu solusinya ialah membuat ruangan bermain sendiri untuk si kecil. Tak hanya sekedar bermain, si anak juga bisa belajar dan mengembangkan bakatnya.

Lalu, seberapa pentingkah ruang bermain bagi si kecil? Berikut beberapa manfaat memiliki ruangan bermain edukatif yang perlu Anda ketahui.

Proteksi dari bahaya luar

Ruangan khusus untuk bermain mempunyai manfaat secara tidak langsung menjadi proteksi si kecil agar anak tidak terlalu banyak bermain di luar, karena kondisi cuaca yang kurang baik ataupun karena anak mudah tertular penyakit jika bermain dengan anak lain yang sakit.

Selain menjadi sarana berkreativitas si anak, ruang bermain khusus juga bisa menjadi tempat favorit ia bersama teman-temannya untuk menghabiskan waktu dan bersosialisasi.

Sarana belajar yang asyik

Si kecil yang belum cukup umur untuk masuk sekolah, ruang bermain edukatif ini menjadi solusi tepat bagi si kecil untuk belajar sambil bermain. Dekorasi sekreatif mungkin misalkan tempelkan nama buah-buahan, binatang, angka dan huruf. Namun, hal yang harus diperhatikan ialah tidak disarankan untuk menyediakan video game. Meskipun dikategorikan sebagai permainan, video game merupakan hal yang berbeda dan bisa menjadi sesuatu yang adiktif dan buruk untuk si kecil.

Sarana bersosialisasi si kecil

Bagi si kecil, memiliki ruangan bermain khusus sendiri merupakan sebuah surga kecil untuknya. Apalagi jika mereka bisa bermain bersama bersama teman-teman sebayanya. Mereka bisa menghabiskan waktu bersama dengan bermain atau melakukan kegiatan lain di sana, tentunya dalam pengawasan Anda sebagai orang tua. Pastikan peralatan dan properti di ruangan tersebut aman dan nyaman untuk buah hati.

(Dikutip dari berbagai sumber)