Rasakan Sensasi Jalan-Jalan ke Museum di Indonesia dengan Virtual 3D Tour!

11 September 2017 Solusi Pendidikan   |    Feliciany H T


Anda ingin berpergian tapi malas keluar? Atau budget Anda terbatas? Tenang saja, Anda masih bisa melakukan niat Anda tanpa harus keluar rumah! Kok bisa? Sekarang ini ada yang namanya virtual 3D tour. Anda bisa menjelajahi berbagai tempat lewat dunia maya. Seperti apa sih virtual 3D tour? Yuk simak ulasannya berikut!

Gambar di atas ini adalah contoh virtual 3D di Museum Bank Indonesia (MBI). Museum Bank Indonesia adalah sebuah museum di Jakarta, Indonesia yang terletak di Jl. Pintu Besar Utara No.3, Jakarta Barat (depan stasiun Beos Kota), dengan menempati area bekas gedung Bank Indonesia Kota yang merupakan cagar budaya peninggalan De Javasche Bank.Gedung ini dibangun pertama kali pada tahun 1828. Untuk tournya bisa Anda coba di http://www.idvr360.com/vr360/museum/mbi/mbi.html.


Kalau yang satu ini ada di Jl.Asia Afrika No.65, Bandung, yaitu Museum Konferensi Asia Afrika. Museum ini ditujukan untuk mengenang Konferensi Asia Afrika pada tahun 1980. Konferensi tersebut melahirkan Dasa Sila Bandung yang kemudian menjadi pedoman bangsa-bangsa terjajah di dunia dalam memperjuangkan kemerdekaan. Museum Konferensi Asia Afrika bisa Anda jelajahi secara virtual di http://themuseumproject.com/museums/museum-konperensi-asia-afrika/


Gambar di atas merupakan penampakan dari Museum Pos Indonesia. Alamatnya di Jalan Cilaki 73, Bandung. Gedungnya bersebelahan dengan Gedung Sate. Awalnya, sebagian besar koleksi yang dipamerkan adalah perangko baik dalam negeri maupun luar negeri. Namun setelah Prang Dunia ke - 2, keadaan menjadi tidak terawat dan harus mencari benda - benda sejarah untuk menjadi koleksi museum tersebut. Sekarang Museum Pos Indonesia sudah dilengkapi Audio tourguide, yakni seperangkat gadget dimana pengunjung dapat mendengarkan informasi audio. Vitual tournya bisa Anda coba di http://themuseumproject.com/museums/museum-pos-indonesia/

Masih banyak lagi tempat yang bisa Anda kunjungan dengan virtual 3D tour, hingga di luar negeri. Jadi, Anda bisa berekreasi sambil menambah wawasan saat libur!

(Dikutip dari id.wikipedia.com, themuseumproject.com dan sumber lainnya)