Photomath, Selesaikan Soal Matematika Hanya dengan Kamera Smartphone

11 Juni 2015 Solusi Pendidikan   |    Faqih Faturahman


PhotoMath merupakan aplikasi kalkulator kamera dunia pertama yang dapat membantu Anda mengerjakan soal matematika dengan hanya sekali foto. Kini, siswa dan khususnya para orang tua tidak perlu khawatir akan soal matematika. Anda dengan mudah mengambil gambar dalam frame merah dan PhotoMath akan langsung memberikan hasilnya.

Namun sebagai aplikasi yang bisa dibilang instan, pasti akan menimbulkan dampak negatif di mana para siswa hanya tinggal memfoto tugas mereka dan menulis hasilnya tanpa mempelajari konsep dari materi tersebut.

Walau tidak sedikit kemungkinan hal tersebut terjadi, PhotoMath nyatanya sangat berguna bagi para siswa untuk memeriksa pekerjaan mereka dan memberitahu bagaimana cara untuk mendapatkan hasil tersebut dengan fitur step by step answer dari aplikasi PhotoMath. Aplikasi ini juga bisa membantu para orang tua yang sudah lama tidak berhubungan dengan pelajaran matematika dan diharuskan membantu anaknya untuk mengerjakan tugas.

Bagaimana cara kerjanya?

Step 1:

Buka aplikasi PhotoMath yang sudah Anda download dan install, letakan operasi soal matematika yang ingin dikerjakan pada frame merah yang ada pada layar. Anda dapat menyesuaikan ukuran dari frame dengan menarik frame merah.

Step 2:

Tunggu hingga aplikasi menampilkan hasilnya.

Step 3:

Tap pada tombol step untuk melihat langkah-langkah penyelesaiannya.

Hal yang harus diperhatikan, PhotoMath hanya berfungsi dan dapat men-scan pada soal yang telah dicetak oleh komputer, jadi untuk tulisan tangan akan sulit membaca dan malah salah dalam hal scanning sehingga menampilkan jawaban yang salah pula.

Anda bisa mengunduhnya secara gratis di iOS dan Windows Phone, serta Android.

Atau kunjungi di situs resminya: photomath.net

(Dikutip dari berbagai sumber)