Pentingnya OSPEK bagi Pembentukan Karakter

22 Juni 2015 Solusi Pendidikan   |    Feliciany H T


Setiap tahun universitas mengadakan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek). Dan hampir setiap tahunnya, muncul berita kegiatan Ospek memakan korban. Hal ini membuat banyak orang bertanya - tanya, masih pentingkah OSPEK saat ini?

Dari kepanjangannya saja, kita tahu bahwa tujuan dari kegiatan Ospek yaitu sebagai masa pengenalan bagi mahasiswa baru. Selain itu, Ospek juga dapat membentuk karakter mahasiswa untuk ke depannya, namun bukan dengan kegiatan fisik yang berat dan melelahkan bahkan tidak diberi minum pada saat membutuhkan.

Tidak hanya itu, di dalam Ospek kita juga bisa menemukan hangatnya kebersamaan dan kekeluargaan bersama teman - teman baru. Dengan begitu, kita bisa saling melengkapi dan saling membantu disaat membutuhkan. Dari Ospek juga bisa membangun karakter sukses.

Menurut penelitian dari Thomas J. Stanley, ada 5 faktor pembentuk sukses orang yang bisa memiliki uang sebanyak $1 juta dollar:

  1. Bersikap jujur kepada semua orang
  2. Mempunyai disiplin yang baik
  3. Pintar bergaul
  4. Mempunyai pasangan hidup yang mendukung
  5. Bekerja lebih keras daripada orang lain


Namun sekarang ini, karena oknum tertentu, Ospek menjadi hal yang menyeramkan di mata mahasiswa baru, sehingga banyak yang menganggap Ospek tidaklah penting. Perlu diingat bahwa Ospek tidaklah selalu menyeramkan seperti yang diberitakan. Ospek dapat melatih bagaimana belajar tentang jujur, disiplin, bersosialisasi dan komitmen terhadap tugas dalam sikap nyata mereka.

Dan dari pandangan mahasiswa tersebut, sebagai penyelenggara Ospek tentu perlu berkaca. Gunakan Ospek dengan benar, membangun sesuatu yang bermanfaat kelak. Sudah bukan jamannya Ospek menggunakan kekerasan hingga menimbulkan trauma atau kematian.

(Dikutip dari berbagai sumber)