Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran yang Menarik di Kelas

24 Oktober 2014 Solusi Pendidikan   |    Faqih Faturahman


Siapa yang tak tahu situs Youtube. Situs media sharing video online terbesar dan paling dikenal di dunia internet saat ini. Kita dapat melihat segala jenis video yang diunggah oleh orang lain tanpa batasan ruang dan waktu. Hanya perlu koneksi internet yang memadai kita sudah bisa mengakses berjuta-juta video yang tersedia di Youtube.

Dalam pembelajaran di zaman yang sudah serba online ini, rasanya terlalu membosankan jika hanya mengandalkan guru yang menerangkan pelajaran, atau hanya mencatat rangkuman yang diberikan. Bagaimana jika menggunakan Youtube sebagai sisipan pembelajaran?

Di Youtube, banyak sekali video-video pembelajaran yang bermanfaat dan dikemas dengan menarik. Dari mulai video tutorial, animasi, serta film, sangat mudah untuk dicari. Banyak juga channel youtube yang memfokuskan video-video yang bertemakan sains, sejarah, bahasa dan masih banyak lagi.

Hal ini bisa diterapkan bagi Anda terutama guru. Misalkan saja Anda adalah guru sejarah. Gunakan Youtube sebagai media tambahan untuk pembelajaran yang lebih menarik dikelas. Sehingga murid-murid pun merasa senang dan seakan-akan berada di dalam sebuah mesin waktu yang membawa mereka menjelajahi waktu dengan menonton video sejarah di youtube. Channel seperti Crash Course merupakan salah satu channel yang banyak memuat video edukasi dimulai dari sejarah dunia, biologi, kimia, psikologi dan literatur tersedia di dalam channel tersebut. Dan masih banyak lagi channel serupa yang mendukung proses pembelajaran yang tersedia di Youtube.

Dengan itu pembelajaran di dalam kelas menjadi lebih menarik dan sedikit lebih hidup serta menunjang sistem pembelajaran di era modern seperti saat ini. Murid-murid akan mengenal teknologi serta mempermudah untuk menangkap pelajaran karena bisa diakses kapan saja tanpa batasan waktu.

Namun yang harus diperhatikan adalah pengawasan karena video di dalam youtube banyak pula yang mengandung konten negatif dan tak layak untuk ditonton. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin menambah variasi dalam proses kegiatan belajar mengajar!

" I tell students, 'If you are learning from YouTube I almost don't want to teach you because what you learn from YouTube it takes 10 times as long to unlearn.' " -Kiri Te Kanawa