Musik Teman yang Baik untuk Beraktivitas

22 Mei 2012 Solusi Pendidikan   |    Rosaria Lia


Musik. Siapa yang tidak kenal musik. Alunan, denting, lirik yang dikawinkan dengan apik menjadi satu karya seni yang indah, yang bisa dinikmati oleh siapa saja, dari anak-anak hingga oma opa kita. Musik menjadi bahasa universal manusia untuk mengungkapkan cinta, rasa dan cita.

Kamu juga suka musik? Tahukah kamu jika bahasa universal ini bisa digunakan untuk menjadi energi positif untuk mendukung dan menyemangati kita dalam beraktivitas. Jika kamu suka musik, kamu bisa padupadankan musik untuk menemani kamu di kegiatanmu. Pilih saja; saat kamu belajar, saat kamu berkendara, saat kamu sedang jogging, saat beres-beres kamar,...apalagi? Banyak hal yang bisa kita nikmati sambil mendengarkan musik.

My brother, misalnya. Dia suka sekali dengan modern rock dan pop rock. Jadi dia sangat enjoy mendengarkan lagu-lagu seperti the reason nya Hoobastank atau Moves Like Jagger nya Marron5 sambil menyetir. Apalagi sambil bermacetria seperti di Jakarta. Mamaku lain lagi. Kental dengan kehidupan Jogjakarta, mamaku suka sekali mendendangkan lagu gending jawa ala-ala Waljinah sambil memasak. Enak lho masakannya! Dan bahkan dokter sering memutarkan musik klasik bagi mama-mama yang mau melahirkan. Diakui bahwa musik bisa memberikan ketenangan dan perasaan relax bagi si ibu.

Ada banyak penelitian, jika musik klasik juga merangsang perkembangan otak adik-adik kita yang masih baby dan balita lho.

*Seorang pendidik sekaligus musisi: Don Campbell bersama seorang psikolog Dr. Alfred Tomatis pada tahun1998 mengadakan penelitian pada beberapa jenis musik untuk melihat efek positifnya. Hasil penelitiannya dapat temukan di buku: EfekMozart. Pada penelitiannya terhadap musik klasik ternyata musik klasik dapat meningkatkan fungsi otak & intelektual manusia dengan optimal. Mengambil contoh karya Mozart pada karya Sonata in D major K.488 diyakininya mempunyai efek stimulasi paling baik terhadap bayi. http://instruktur-musik.blogspot.com/2011/07/penelitian-musik-klasik.html

Nah, kamu suka musik apa? Coba saja lakukan sesuatu yang menjadi kegiatanmu sambil mendengarkan musik! Suka kpop? Dengarkan Super Junior atau lagu-lagu cute SMASH sambil belajar! Atau suka R and B? Coba pilih lagunya Alicia Keys untuk mengembalikan mood mu!