Metode untuk Meningkatkan Kemampuan Bicara dalam Bahasa Inggris

11 November 2014 Solusi Pendidikan   |    Arief Widiatmoko


Banyak dari anak-anak sekolah masih terbata-bata ketika berbicara Bahasa Inggris, merasa malu ketika berlatih percakapan Bahasa Inggris dikelas, atau dalam keseharian yang mengharuskan kita menggunakan bahasa international ini. Tidak bisa berbicara Bahasa Inggris dengan benar menjadi masalah ketika Anda ingin berkomunikasi dengan orang lain. Dan disini beberapa cara yang bisa digunakan dan telah terbukti meningkatkan kelancaran berbahasa Inggris Anda

Lebih banyak berbicara dengan Bahasa Inggris. Pepatah mengatakan "practice make perfect", dan pepatah ini benar. Ketika berbicara lebih sering, Anda belajar lebih banyak lagi, dan Anda akan merasa lebih nyaman berbicara dengan bahasa ini. Bahkan ketika terdengar salah, tetap bicara, dan jika memungkinkan ajak seseorang teman yang lancar berbicara dalam Bahasa Inggris untuk mengoreksi perkataanmu, dan menjelaskan kepadamu apa yang salah.

Baca lebih banyak buku dalam Bahasa Inggris

Membaca dengan benar dalam Bahasa Inggris akan membantu dalam memahami bahasa ini lebih baik lagi. Baca lebih banyak lagi buku dalam Bahasa Inggris. Anda bisa memanfaatkan hobi dan mencari bacaan tentang apa yang di suka, seperti Anda suka dengan berita mobil, maka Anda bisa lebih bersemangat membaca dan sekaligus belajar Bahasa inggris. Cara ini adalah metode yang telah dicoba dan bekerja, karena ketika Anda membaca lebih banyak, Anda akan mengerti bahasa ini lebih baik lagi. Coba untuk mengingat pernyataan menarik dari buku atau dari koran dalam pembicaraan.

Jangan artikan tapi berpikirlah dalam bahasa Inggris ketika Anda berbicara

Kesalahan terbesar yang biasa kita lakukan adalah dengan berpikir dengan bahasa yang berbeda, kemudian mengartikannya ke dalam Bahasa Inggris, baru kemudian mengatakannya dalam Bahasa Inggris. Ini akan menjadi masalah, dan tentu saja, melakukan ini juga akan memakan waktu. Jangan membuat kesalahan ini. Mencoba untuk berpikir dalam Bahasa Inggris kemudian katakan dengan suara yang jelas. Ini mungkin sulit, tapi akan membantu membiasakanmu berbahasa Inggris secara natural.

Gunakan banyak istilah bahasa Inggris dalam bahasa yang dipakai

Ketika Anda berbicara dengan Bahasa Indonesia, cobalah untuk memasukkan istilah bahasa Inggris kedalamnya untuk membuat Anda lebih familiar dengan bahasa Inggris. Salah satu masalah yang banyak orang alami adalah bahwa mereka tidak tahu bagaimana menggunakan istilah khusus ketika mereka berbicara.

Belajar grammar lebih baik lagi

Hal ini mungkin terdengar membosankan, tetapi kenyataannya adalah, semakin baik grammar Anda, semakin baik kesempatan Anda untuk berbicara bahasa Inggris dengan baik. Kebanyakan orang membuat kesalahan dengan berbicara dengan tidak benar, karena tidak menggunakan grammar. Hentikan kebiasaan ini, pastikan grammar yang Anda miliki baik. Karena sungguh, akan sangat mempengaruhi kemampuan berbicara jika grammar yang digunakan salah.

Tonton Film atau menghafal lagu dalam Bahasa Inggris

Untuk meningkatkan kemampuan bicara dalam bahasa inggris, menonton lebih banyak film dalam Bahasa Inggris, diutamakan dengan subtitle atau mencoba menghafal lagu yang Anda suka dalam bahasa inggris. Baca kata yang digunakan dan coba untuk bicara seperti pemeran film atau lagu yang kamu coba hafal, dimana akan meningkatkan bagaimana Anda berbicara dan membuat ucapanmu seperti bagaimana mereka mengucapkannya. Hal ini juga bisa melatih pengucapan dan meningkatkan kemampuan berbahasa.

Melihat Thesaurus

Thesaurus akan membantu untuk belajar istilah baru, kata baru dan meningkatkan kemampuan berbahasa. Ini adalah cara paling mudah menemukan istilah yang benar dan bagaimana menggunakannya dalam percakapan. Membaca thesaurus juga membantumu untuk mengerti lebih tentang Bahasa Inggris.

Melihat kamus ketika Anda bisa

Kamus sangat berguna ketika Anda tidak tahu arti dari suatu kata, atau bagaimana menggunakan kata itu dengan tepat. Menggunakan kamus untuk mempelajari kata baru selalu menjadi ide yang bagus. Anda dapat membaca dengan mudah beberapa kata menggunakan kata ini, dan mempraktekkannya ketika Anda bicara.

Ini adalah cara paling mudah untuk belajar Bahasa Inggris lebih baik dan bercakap dengan benar. Mungkin tips kecil, tapi akan sangat membantu meningkatkan kemampuan bahasa Anda

(Disadur dari: edarticle.com)