Manfaat Senam Otak untuk Kecerdasan Anak - Bagian II

22 Januari 2015 Solusi Pendidikan   |    Wahyu Kristanti S.Pd


Pada artikel sebelumnya sudah dijabarkan beberapa manfaat senam otak untuk kecerdasan anak (http://www.kesekolah.com/solusi-pendidikan/manfaat-senam-otak-untuk-kecerdasan-anak-bagian-i.html). Senam Otak juga membantu anak belajar tanpa stress. Dalam Tribun news, Tri Gunadi, OTR, S.Psi. menyebutkan "latihan ini (senam otak) sangat membantu dalam:
1. Menggerakkan anggota badan,
2. Mengoordinasi gerak,
3. Keterampilan,
4. Membantu dalam belajar di sekolah dan dalam tuntutan penyesuaian kegiatan sehari-hari.

Seperti halnya senam tubuh lainnya, senam otak juga membutuhkan pemanasan. Sebelum memulai gerakan inti, anak disarankan melakukan gerakan PACE (Peace, Active, Clear, dan Energizer) terlebih dahulu. Gerakannya di mulai dari urutan terakhir yaitu:

*Energizer (pengisi energi)

Dilakukan sambil duduk atau berdiri dan anak disarankan untuk minum air putih sebanyak ¾ gelas plastic. Minum air ini bermanfaat antara lain:
-Darah lebih banyak menerima zat asam yang diperlukan untuk belajar.
-Air melepaskan protein yang diperlukan untuk belajar sesuatu yang baru.
-Air melarutkan garam yang mengoptimalkan fungsi energi listrik di badan untuk membawa informasi ke otak.
-Air mengaktifkan system limpa, yaitu system air yang paling besar di badan. Limpa mengangkut zat-zat gizi, hormone dan berfungsi sebagai saluran pembuangan.

*Clear (jelas) dengan memijat saklar otak (brain button)

Gerakan Sakelar Otak: Sakelar otak (jaringan lunak di bawah tulang selangka di kiri dan kanan tulang dada) dipijat selama 20-30 detik dengan satu tangan, sementara tangan lainnya memegang atau memijat sebelah kanan dan kiri pusar.
Manfaat pemijatan saklar otak:
-Koordinasi kedua belahan otak.
-Mengoptimalkan pengiriman pesan dari otak kiri ke kanan atau sebaliknya, meningkatkan penerimaan oksigen, dan menstimulasi aliran darah agar lebih lancar mengalir ke otak.
-Mengoptimalkan keterampilan motorik halus, memperbaiki sikap tubuh, meningkatkan energi, mengurangi stres visual dan relaksasi tengkuk serta bahu.

*Active. Dilakukan dengan gerakan silang (cross crawl)

Gerakan Silang: Gerakan ini mengaktifkan hubungan kedua sisi otak dan merupakan gerakan pemanasan untuk semua keterampilan yang memerlukan penyeberangan garis tengah bagian lateral tubuh. Cara melakukan gerakan silang: sentuhkanlah tiap tangan yang berlawanan secara bergantian. Gerakan tangan kanan menyentuh lutut kaki kiri, kemudiantangan kiri menyentuh lutut kaki tangan. Bisa juga dengan tangan kanan menyentuh siku tangan kiri dan sebaliknya.

Manfaat gerakan silang:
-Mengaktifkan gerakan mata dari kiri ke kanan, meningkatkan harmonisasi penglihatan (binokular).
-Meningkatkan kesadaran keberadaan tubuh.
-Menghilangkan stress(pikiran menjadi jernih), meningkatkan daya ingat dan daya pikir.
-Merangsang kelancaran cairan otak.
-Meningkatkan koordinasi tubuh.
-Mempermudah belajar.
-Menyeimbangkan emosi.
-Memperlancar peredaran limpa.
-Mengtur tekanan darah.
-Meningkatkan penglihatan.
-Melancarkan pencernaan.
-Meningkatkan energy tubuh.
-Meningkatkan skor IQ.
-Menghilangkan kekakuan.
-Meningkatkan kesadaran akan kesehatan.
-Membangkitkan rasa gembira.

*Positif: Gerakan Hook Up (kait relaks)

Ada dua cara: pertama, posisi kaki kiri di atas kaki kanan(bersilangan). Tangan kiri di atas tangan kanan dengan posisi jempol ke bawah dan jari-jari kedua tangan saling menggenggam. Tarik kedua tangan ke pusat dan ke depan dada. Cara kedua: kedua kaki membuka sementara ujung-ujung jari kedua tangan saling bersentuhan lalu secara perlahan arahkan ke dada atau ke pangkuan. Bisa dipilih salah satu cara atau dilakukan keduanya.

Manfaat: pemusatan secara emosional (mengurangi kepekaan yang berlebihan), lebih relaks, perhatian seksama, keseimbangan jasmani dan koordinasi, lebih percaya diri dan pernafasan lebih baik.


Setelah membaca panduan diatas, dapat langsung dipraktekan & dicoba beberapa kali hingga lancar. Untuk Beberapa gerakan inti senam otak, akan dibahas dalam artikel berikutnya "Manfaat Senam Otak untuk Kecerdasan Anak - Bagian III".

Bersambung.

(Dikutip dari berbagai sumber)