Manfaat Senam Otak untuk Kecerdasan Anak - Bagian I

12 Januari 2015 Solusi Pendidikan   |    Wahyu Kristanti S.Pd


Anak adalah anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada setiap orang tua, hal yang wajar kenapa orang tua meinginkan anak-anaknya menjadi yang terbaik. Mendapatkan anak-anak yang sehat dan cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Untuk mendapatkan anak yang cerdas, seorang ibu sudah harus mempersiapkan dari awal kehamilan hingga pertumbuhan anak selanjutnya, dengan memberikan asupan gizi yang terbaik untuk memaksimalkan pertumbuhan otak anak.

Banyak cara untuk menjaga pertumbuhan otak yang maksimal pada ada, tidak hanya dengan menjaga gizi asupan makanya saja, akan tetapi ada beberapa cara yang bisa membantu untuk meningkatkan kecerdasan pada anak, salah satunya dengan Senam Otak (Brain Gym).

Senam otak, sebenarnya adalah gerakan tubuh yang bisa merangsang kerja dan fungsi otak secara maksimal. Gerakan itu dimaksudkan untuk merangsang otak kiri dan otak kanan (dimensi lateralitas), meringankan atau merelaksasi belakang otak dan bagian depan otak (dimensi pemfokusan), merangsang system yang terkait dengan emosi/perasaan, yakni otak tengah (limbis) serta otak besar (dimensi pemusatan). Kalau kinerja kedua belahan otak seimbang, diharapkan kemampuan otak menjadi optimal.

Manfaat senam otak:

1. Mengasah sensitivitas telinga untuk mendengar sehingga kemampuan pendengaran makin tajam.

2. Merangsang bagian otak yang menerima informasi (receptive) dan bagian yang menggunakan informasi (expressive) sehingga memudahkan proses mempelajari hal-hal baru dan meningkatkan daya ingat.

3. Mengembalikan vitalitas otak setelah serangkaian aktivitas yang melelahkan, mengusir stress, meningkatkan konsentrasi dan perhatian serta meningkatkan kemampuanmemahami dan berpikir rasional.

4. Mengaktifkan otak untuk peningkatan oksigen agar otak berfunsi secara efisien dan relaks.

5. Meningkatkan perhatian dan daya daya penglihatan. Memilah informasi pandangan yang dating dari kiri atau kanan.

6. Memperbaiki komunikasi lisan dan ekspresif serta meningkatkan kemampuan untuk memilah informasi.

7. Mengaktifkan otak rasa keseimbangan dan koordinasi, meningkatkan kemampuan mengorganisasi dan meningkatkan energi.

8. Mengoptimalkan kemampuan motorik halus, memperbaiki sikap tubuh, meningkatkan energi, mengurangi stress visual dan relaksasi tengkuk serta bahu.

9. Memungkinkan belajar & bekerja tanpa stress serta meningkatkan kepercayaan diri.

10. Lebih mandiri dalam belajar dan mengaktifkan seluruh potensi dan keterampilan yang dimiliki anak.

Brain gym atau senam otak sangat mudah dilakukan, baik dalam keadaan formal ataupun non formal. Dapat dilakukan di rumah ataupun disekolah. Brain gym sangat membantu kalau anak sudah merasa penat dalam belajar, brain gym dapat mereleksakan kembali daya kerja otak, sehingga otak dapat kembali bekerja dan anak dapat belajar dengan baik kembali.

Semoga Bermanfaat.

(Dikutip dari berbagai sumber)