Leafsnap, Aplikasi Mengenal Tumbuhan

15 Januari 2016 Solusi Pendidikan   |    Ariyanti Suliaswanti


Indonesia merupakan salah satu negara tropis dimana banyaknya tumbuhan dan keragaman hayati yang mempesona. Misalnya saja saat liburan kita pergi ke Kebun Raya Bogor, tentu kita akan banyak menemui pohon-pohon yang menjulang tinggi. Nah, saat ada daun yang jatuh kita bisa mengetahui dari jenis bahkan pohon apa daun tersebut dengan aplikasi Leafsnap.

Aplikasi Leafsnap adalah serangkaian panduan bidang elektronik yang dikembangkan oleh peneliti dari Columbia University, University of Maryland, dan Smithsonian Institution. Aplikasi mobile gratis ini menggunakan perangkat lunak pengenalan visual untuk membantu mengidentifikasi spesies pohon dari foto-foto daun dengan gambar resolusi tinggi dari daun, bunga, buah, tangkai, biji dan kulit.

Jadi, jika kita ingin mengetahui jenis apa tumbuhan tersebut tinggal foto daun dan kita akan mendapatkan keterangan mengenai tumbuhan tersebut secara rinci. Sehingga, saat kita bermain atau bepergian namun tetap ingin belajar dan memperluas ilmu pengetahuan terutama mengenai tumbuhan sangat cocok untuk menggunakan aplikasi ini.

Saat ini, aplikasi ini gratis namun baru dapat digunakan di App Store. Lebih lengkapnya silahkan lihat video dibawah ini atau bisa juga lihat di sini

..