Solusi Pendidikan
6 Mei 2013

Karakteristik Guru Abad 21

oleh: Rosaria Lia

Guru favorit.
Cantik, pintar, sabar, asyik.keren, seru, kreatif, serta pengertian.
Seperti apa kriteria guru favoritmu? Siapa guru favoritmu di sekolah? Guru olahragakah? Guru kesenian? Atau guru bahasa inggris?

Banyak kriteria untuk menjadi guru yang difavoritkan oleh anak didiknya. Bagaimana sih sebenarnya kriteria seorang guru yang dicari dan diinginkan oleh anak didik?

Kali ini Mr. Edol akan memberikan beberapa kriteria guru abad 21. Seperti apa? Coba kita lihat karakteristik yang didapat dari edudemic.com berikut.

Adaptor

Salah satu kriteria guru yang baik adalah dia mampu beradaptasi dengan keadaan dan kondisi kelas dan anak didiknya dalam segala situasi dan kondisi.

Communicator

Komunikasi selalu menjadi hal dasar untuk semua orang di semua umur dan segala bidang. Demikian juga dengan guru. Guru diharuskan mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik.

Learner

Sebagai pengajar, seorang guru harus selalu meng update skill, pengetahuan, teknologi dan perkembangan yang ada, sehingga dia bisa mengimbangi anak didiknya yang selalu up to date dan cepat menyerap pengetahuan dan informasi yang terjadi di sekelilingnya, secara lokal maupun global.

Visionary

Seorang guru harus bisa mendefinisikan visinya dan selalu melihat ke depan secara optimis. Karena apa yang dilakukan dan dipikirkan menjadi satu hal penting yang akan berpengaruh sedikit banyak pada pola pikir anak didiknya.

Leader

Seorang guru yang baik adalah seorang pemimpin yang baik. Seorang guru harus memiliki kemampuan untuk mendidik dan memimpin anak didiknya, mengarahkan bakat dan talenta sehingga dapat diexplorasi dengan maksimal.

Model

Guru selalu menjadi figure atau panutan bagi anak didiknya. Oleh karena itu, dia seharusnya bersikap baik dan menjadi contoh yang baik juga.

Collaborator

Berkolaborasi atau bekerja sama untuk belajar dan mengerjakan segala sesuatu bersama anak didik menjadi hal yang tidak bisa diabaikan oleh seorang guru.

Risk Taker

Seorang guru harus berani mengambil resiko. Keberanian dan pengambilan keputusan yang tepat bisa menjadi contoh yang baik untuk anak didiknya.

Apakah seorang guru harus mempunyai semua karakteristik yang disebutkan di atas?

Menurut Mr. Edol, yang pasti seorang guru harus bisa menggali kelebihan dan talenta anak dan menjadikan dirinya sebagai seorang fasilitator yang bisa mengembangkan talenta atau kemampuan anak tersebut secara maksimal. Berbekal karakter yang memang peduli kepada anak, seorang guru juga harus meng update diri dan kemampuannya sebagai seorang tenaga pengajar yang fokus pada pengembangan kecerdasan anak baik itu kecerdasan intelektual maupun emisional. Guru atau pengajar tidak selalu harus di posisi mengajari lho, berteman dengan anak untuk lebih memahami karakter dah hal yang dibutuhkan anak untuk mendorong anak belajar dengan baik juga merupakan karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang guru. Untuk itu, dibutuhkan passion dan dedikasi tinggi terhadap profesi yang satu ini.

Karakteristik mana yang dimiliki oleh guru favorit di sekolahmu? Atau bahkan kamu mempunyai karakteristik tersendiri untuk guru favoritmu? Jangan takut untuk sharing mengenai pelajaran ataupun pengetahuan yang ingin kamu kembangkan dengan gurumu ya. Mr. Edol yakin, guru kamu akan dengan senang hati mendengarkan dan membantu kamu. Tapi tentu saja di waktu dan saat yang tepat ya.

Sumber: edudemic.com

Artikel Solusi Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Artikel dan Berita Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris