Intip Trend Perkembangan It Teknologi di Dunia Pendidikan Yuks!

6 Juli 2012 Solusi Pendidikan   |    Rosaria Lia


Ajakan pemerintah untuk menciptakan generasi bangsa yang melek IT bergaung di seantero negeri. Gaung ini merupakan langkah baik yang harus kita sambut dengan baik pula. Harus doooong ya.... Sebagai pelaku pendidikan yang ikut mengambil bagian dalam mendampingi tumbuh kembang pelajar, kita turut serta memperkenalkan dunia IT teknologi ini, dengan menjadikannya alat bantu yang bermanfaat untuk meningkatkan daya kerja dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian, para pelajar dapat mengenal IT Teknologi sejak dini dan menggunakannya secara tepat dan positif.

Lalu, apaya yang melatarbelakangi pemerintah, bahkan juga pemerintah di negara-negara lain menggalakkan hal yang sama? Coba kita intip yuks kenapa IT Teknologi dalam dunia pendidikan juga berkembang pesat versi edudemic.com dalam artikelnya The 5 Biggest Trends In Higher Education Right Now!

1. Globalisasi


Ternyata arus globalisasi menjadi faktor yang memicu permintaan dan kebutuhan pendidikan tinggi akan IT Teknologi. Saat ini ada lebih dari 100 jutasiswa di perguruan tinggi di seluruh dunialho. Kompetisi antar pendidikan tinggi juga semakin ketat untuk mencetak murid berprestasi. Perguruan Tinggi di Cina dan India misalnya. Ekspansi nya yang besar hingga keluar negeri telah menciptakanpeluang baru dalam hal program pertukaran asing.

Well, arus globalisasi juga melanda institusi pendidikan di negara kita, dari berbagai jenjang pendidikan; pendidikan tinggi, sekolahmenengah, dasar bahkan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Semua berlomba untuk memberikan yang terbaik yang bisa mencetak mental dan intelektual anak untuk bersaing secara global. Hal ini dilakukan dengan pembentukan ciri khas masing-masing institusi, seperti kurikulum, metode belajar, hingga ke IT Teknologi. Coba deh liat, pasti sekolah kamu juga punya ciri khas tersendiri.

2. Branding


Pendidikan tinggi menyadari bahwa internet juga menjadi faktor penting untuk mempromosikan berbagai program akademik nya. Dengan kata lain,internet bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk meningkatkan brand. Kalau kita lihat, banyakkan siswa dan mahasiswa yang menjadi blogger untuk kegiatan sehari-hari nya, sehingga kampus nya pun ikutan dipromosikan.

Kamu dan sekolah mu mau dikenal juga oleh public? Hayuk berprestasi ....Tulis artikel, buat karya atau ada news terupdate dari sekolah kamu? Exist di kesekolah.com aj! Kesekolah.com siap jadi wadah untuk great news and ideas koq!

3. Mobilitas


Yup, siapa sekarang ini yang tidak mobile. Selalu saja ada banyak aktivitas yang membuat orang tua, guru maupun siswa untuk berpindah lokasi setiap hari. Dengan perkembangan situasi dan kondisi ini, institusi pendidikan harus lebih cermat dalam mengambil langkah agar informasi bisa diakses bukan hanya di satu titik point yaitu sekolah dan lingkungannya saja, namun juga i tetap bisa didapatkan tanpa terbatas ruang dan waktu. Informasi seperti pemberian tugas, jadual ujian atau kuis, bahan pelajaran, pengumuman sekolah, pendaftaran dan lain sebagainya yang berhubungan dengan siswa dan mahasiswanya sekarang dapat diunduh dan dilakukan dengan cepat dan mudah.
Bagaimana dengan sekolah kamu?

4. Keselamatan dan Keamanan Kampus

Kejadian tahun 2007 penembakan tragis April di Virginia Tech mendorong 66% dari perguruan tinggi di Amerika untuk memperbarui kampus dengan prosedur darurat, 41%juga telah menaikkan anggaran untuk keamanan kampus mereka.Dengan pencurian identitas terus meningkat, keamanan data dan jaringan komputer kampusmenjadiprioritas berkelanjutan bagi perguruan tinggi.

Masih ingat kejadian-kejadian memprihatinkan yang disebabkan oleh cyber crime, mulai dari Cyberbullying (pelecehan di duniacyber), penculikan dan siswa kabur dari rumah di level sekolah TK, dasar dan menengah? Kita acungi dua jempol ya untuk sekolah-sekolah yang sudah aware dengan keselamatan dan keamanan kampus, sekolah, lingkungan dan para pelajarnya!

5. Teknologi dan Rencana Strategis


Efisiensi dan anggaran untuk IT teknologi menjadi concern untuk pendidikan tinggi. Hal ini memunculkan berbagai strategi untuk penerapan IT teknologi dengan pengaturan budget yang baik. Cloud computinguntuk penyimpanandata dan file pada jaringan jarak jauh melalui Internet menjadi salah satu cara untuk menurunkan budget. Lalu muncul juga strategi keuangan seperti penyewaan peralatan IT dengan cepat menjadi metode yang efektif untuk mengelola biaya IT. Ini membantu untuk memastikan uang yang untuk baru peralatan IT dan upgrade akan selalu tersedia. Dalam tahun-tahun mendatang, teknologi akan memainkan peran lebih besar dalam pendidikan tinggi.

Nah, jika praktisi pendidikan ingin menerapkan IT Teknologi di sekolah maupun kampusnya, tidak usah takut. Ada berbagai cara untuk pengadaannya, salah satu nya adalah STEP yang dimiliki oleh Strategic Partner Solution. Apa itu STEP? STEP adalah School Technology Enhancement Program. STEP menjadi solusi tepat untuk merencanakan penerapan solusi IT Teknologi di sekolah. Secara continuous, IT Teknologi bisa diimplementasikan, tentu saja dengan menyesuaikan kebutuhan sekolah dong ya!

Pengen tau lebih banyak tentang STEP? Buruan kontak kesekolah.com!

Disadur dari:
edudemic.com dalam artikel The 5 Biggest Trends In Higher Education Right Now