Ini Loh Alasan Pentingnya Menggunakan Teknologi untuk Pendidikan...

8 November 2013 Solusi Pendidikan   |    Lie Hardy Setiady


Salah satu pertanyaan yang masih menjadi pemikiran setiap pelaksana pendidikan (guru, kepala sekolah, yayasan), apakah tepat menerapkan teknologi di sekolah? Perangkat apa yang paling tepat untuk diberikan ke murid? Dan sudah hampir pasti setelah ada jawabannya masih ada kendala dengan biaya yang harus dikeluarkan. Sehingga muncul lagi pertanyaan apakah sudah tepat untuk mengeluarkan biaya pada teknologi untuk pendidikan.

Video berikut mencoba memberikan alasan - alasan perlunya menggunakan teknologi untuk pendidikan. Mungkin juga bisa dibagikan / ditunjukan ke orang - orang yang masih ragu akan pentingnya teknologi untuk pendidikan.

Berikut alasan - alasan yang diberikan dalam video tersebut:

  1. Murid - murid menyukainya. Murid merupakan generasi z yang memang sudah hidup diantara teknologi sehingga teknologi sudah menjadi bagian dari dirinya.
  2. Teknologi menggerakkan empat komponen dalam pembelajaran seperti
    • Meningkatkan partisipasi dalam grup
    • Murid menjadi terlibat aktif
    • Antisipasi dan umpan balik yang lebih sering
    • Murid - murid dapat langsung berkomunikasi dengan ahli - ahli dari berbagai bidang
  3. Pengembangan secara profesional. Murid - murid mendapatkan keahlian - keahlian yang dibutuhkan dalam pekerjaan nantinya.
  4. Membuat hidup guru menjadi lebih mudah. Dengan teknologi mempermudah guru melakukan tugas -tugasnya seperti membuat kurikulum, berbicara dengan orang tua, membuat tes, menilai hasil tes dll.
  5. Meningkatkan nilai ujian. Dengan teknologi dapat menjangkau berbagai tipe murid sehingga memancing untuk belajar dan memahami pelajaran.
  6. Membantu murid yang kurang memperhatikan. Dengan teknologi membuat pelajaran lebih menarik.
  7. Belajar dari orang - orang ahli
  8. Mendorong murid untuk menyelesaikan pekerjaan rumah. Dengan teknologi memungkinkan anak - anak murid untuk belajar di rumah dan melakukan pekerjaan rumah bersama sama di sekolah sehingga guru dapat mendampingi murid dalam menyelesaikannya.
  9. Berhemat. Dengan banyaknya sumber - sumber pengetahuan yang gratis di internet sebetulnya dapat menghemat biaya guru dalam menyelesaikan tugasnya.
  10. Menghilangkan kendala - kendala / halangan yang muncul pada kelas tradisional. Murid yang kurang tanggap pada pelajaran karena kurang jelas mendengar guru atau kurang jelas melihat ke papan dan lain lain.


Satu pepatah yang mungkin bisa menjadi alasan yang paling tepat buat guru untuk mulai menggunakan teknologi dalam pengajarannya adalah:

"Teacher will not be replaced by technology, but teacher who don’t use technology will be replaced by those who do. - Sheryl Nussbaum - beach"

"Guru tidak akan digantikan oleh teknologi, tapi guru yang tidak mengunakan teknologi akan digantikan oleh guru yang menggunakan teknologi. - Sheryl Nussbaum - beach".

(Sumber: Edudemic.com)