Ini Dia 4 Cara Menarik untuk Anak Belajar Musik dengan Teknologi

12 Desember 2014 Solusi Pendidikan   |    Feliciany H T


Seperti yang kita ketahui semakin hari teknologi di dunia ini semakin berkembang. Teknologi sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia sehari - hari. Salah satunya adalah memanfaatkan teknologi dalam mengajar musik.Menusrut seorang director musik, Christopher Russell, teknologi sangat membantu anak - anak belajar musik hingga menjadi musisi hebat.

Berikut ini teknologi yang dapat membantu mengajarkan musik pada anak.

1. NotateMe

NotateMe merupakan aplikasi yang dapat digunakan pada smartphone atau tablet. Pada aplikasi ini, anak - anak bisa menuliskan notasi pada kertas dan mengubahnya menjadi notasi digital. Dari notasi digital tersebut, anak bisa mengetahui musik yang dihasilkan. Menarik bukan?

2. Travels with Music

Travels with Music dirancang untuk memperkenalkan anak pada budaya musik di dunia. Program multimedia berbentuk DVD ini memuat 300 video dan audio tentang keragaman musik dari15 budaya dunia.

3. O-Generator

Software musik ini ditujukan untuk anak usia 10 - 15 tahun. O-Generator menggunakan musik dunia yang popular untuk mengenalkan kunci - kunci musik. Anak dapat belajar sambil bermain dengan musik modern, latin, dan lagu - lagu Afrika.

4. Soundation4Education

Soundation4Education adalah aplikasi music maker yang membantu anak membuat dan merekam musik di sekolah maupun di rumah. Aplikasi ini memiliki full access sehingga bisa mengakses recordnya dimana saja. Anak dapat memanipulasi audio yang ada atau bisa juga merekam musik sendiri lalu di mix dan diberi efek audio.

(Dikutip dari berbagai sumber)