Ini Alasan Penggunaan iPad Sangat Baik untuk Anak Disabilitas

23 Agustus 2016 Solusi Pendidikan   |    Feliciany H T


Saat ini, sudak tidak asing teknologi digunakan dalam proses belajar mengajar. Contohnya adalaH iPad. iPad memiliki kegunaan yang berbeda- beda, tergantung kebutuhan sang pengguna. Seperti bagi anak disabilitas, iPad dapat membnatu mereka berkomunikasi, menerjemahkan, dan kebutuhan lainnya. Dengan begitu, teknologi ini dapat mengurangi frustasi anak, membangun kepercayaan diri, dan membantu mengembangkan skill anak.

Selain itu, ada alasan - alasan lain mengapa iPad sangat bagus untuk anak disabilitas belajar:

1. iPad sangat intuitif

Tidak seperti teknologi lainnya, teknologi dengan layar sentuh ini sangat intuitif untuk digunakan. Artinya iPad sangat mudah dan ‘alami’ untuk digunakan bagi anak disabilitas yang mengidap kesulitan visuospatial, yakni kemampuan untuk memahami konsep melalui representasi visual.

Selain itu, iPad juga bisa melatih mereka dengan gangguan motorik. Layar sentuhnya mengajak mereka untuk terbiasa dengan gerakan jari, seperti tap, swipe, dandrag. iPad juga membuat anak yang susah untuk fokus untuk fokus pada satu layar.

2. iPad sangat fleksibel dalam lingkungan belajar

Teknologi ini dikenal dengan multifungsinya. iPad tidak hanya efektif dalam pekerjaan individual saja, tapi juga di dalam komunitas atau kelas. Anak yang kesulitan mengikuti penjelasan sang guru bisa merekam materi yang diterangkan.

3. iPad membantu anak belajar komunikasi

Bagi anak yang memiliki kesulitan berbicara atau menggunakan komunikasi nonverbal, ada berbagai aplikasi touch-to-speak untuk membantu mereka berkomunikasi. Aplikasi ini dapat menyampaikan pesan, memprediksikan kelengkapan kalimat, atau memberi jawaban singkat seperti ‘iya’ dan ‘tidak’.

4. iPad bantu anak mengorganisir

Banyak anak disabilitas mengalami kesulitan dalam mengorganisir barangnya. Dengan iPad, mereka tidak perlu kehilangan tugas, buku, atau formulir. Semua dapat disimpan dalam satu alat saja.

5. iPad membantu menenangkan anak

Orang tua dan guru tentu mengerti bahwa terkadang anak disabilitas tidak dapat mengontrol emosinya dengan baik. Maka dari itu, guru bisa memasangkan musik pada iPad anak untuk membantu mereka menenangkan diri saat emosinya tidak terkendali. Dengan begitu mereka bisa konsentrasi kembali dan kembali beraktivitas.

(Disadur dari edudemic.com)