Guru Private Online? Mengapa Tidak

22 November 2016 Solusi Pendidikan   |    Solehudin


Sebenarnya untuk apa Anda menggunakan jasa guru private? Guru di les private juga tidak bisa menjamin dapat membuat rapor atau nilai ujian anak Anda menjadi bagus. Memanggil guru les memang mahal namun harga tidak selalu bisa menjadi pertimbangan utama. Ada banyak faktor yang menyebabkan orang tua memutuskan untuk memanggil guru les private dibandingkan les bersama dengan teman.

Manfaat Belajar di Guru Private untuk Anak Anda

Kursus memang bisa meningkatkan prestasi dan kemampuan belajar pada anak. Salah satu bimbingan belajar yang mempunyai banyak keunggulan adalah les private. Les private membimbing anak secara pribadi dan berikut ini adalah manfaat guru les private di bimbingan belajar:

  • Kemampuan akademik meningkat
    Bimbingan belajar secara private dapat meningkatkan kemampuan akademik bagi anak saat mengikuti pelajaran yang ada di sekolah. Melalui les secara private, anak mendapatkan waktu tambahan untuk belajar selain mengikuti pelajaran yang ada di sekolah.
  • Waktu belajar menjadi fleksibel
    Mengikuti les private, maka anak bisa menyesuaikan waktu belajar tanpa harus mengurangi waktu untuk beristirahat dan bermain.
  • Anak menjadi lebih fokus
    Les private membuat anak mampu menjadi lebih fokus karena guru les akan memfokuskan pada pelajaran atau materi tertentu yang lebih penting misalnya saat ujian matematika, saat ada pekerjaan rumah dan mengajarkan materi yang lebih sulit dikuasai oleh anak tersebut lebih dulu.
  • Pendekatan yang lebih pribadi
    Guru private akan cepat mengetahui kekurangan dan kelemahan dari siswa yang diajar sehingga cara terbaik akan dilakukan oleh guru tersebut untuk meningkatkan kemampuan akademik sang anak.
  • Mudah dipantau oleh orang tua
    Orang tua lebih mudah untuk mengawasi kegiatan belajar yang dilakukan oleh anak dan orang tua bisa langsung berkonsultasi dengan guru les untuk melihat perkembangan kemampuan anak tersebut.
  • Anak akan mudah berkonsentrasi
    Les private memiliki fasilitas belajar yang sangat nyaman sehingga anak akan ditemani oleh guru selama belajar. Ini membuat anak bisa lebih berkonsentrasi saat belajar.
  • Membantu orang tua yang sangat sibuk
    Les private mampu membantu orang tua yang tidak mempunyai waktu untuk mengajari anak belajar.


Tips Memilih Guru Private yang Profesional

Sebagai orang tua, Anda pasti akan mencari guru les private yang terbaik untuk anak Anda. Di bawah ini merupakan tips untuk memilih guru les private yang tepat bagi anak Anda:

  • Rekomendasi dari teman
    Orang tua khususnya ibu pasti mempunyai banyak teman karena mereka tidak akan segan untuk menanyakan kepada teman-teman mereka tentang guru les terbaik untuk anak mereka. Namun, rekomendasi dari teman harus dicek lagi dan disesuaikan dengan karakter anak. Misalnya ada guru les yang terkenal mampu memberikan nilai yang bagus, ternyata guru les tersebut sering memberikan tugas yang terlalu banyak. Mungkin nilai anak Anda akan meningkat namun belajar berlebihan dalam waktu yang terlalu lama tidak baik untuk perkembangan anak Anda. Mereka juga memerlukan waktu istirahat dan bermain. Rekomendasi dari teman memang langkah pertama, namun bukan menjadi satu-satunya langkah yang harus diambil dengan tergesa-gesa.
  • Bertanya kepada anak Anda
    Ini adalah hal yang paling penting untuk dilakukan setelah Anda meminta rekomendasi dari teman Anda dan ternyata semua rekomendasi tersebut kurang tepat. Anda bisa bertanya langsung ke anak Anda. Terkadang anak-anak memang mempunyai informasi yang terbatas di luar sekolah sehingga mereka tidak bisa memberikan ide dengan cepat saat Anda sedang sibuk memilih guru les.
  • Mencari di internet
    Banyak yang melakukan promosi les private di internet. Namun, Anda harus memeriksa keberadaan dari tempat les tersebut apakah les tersebut benar-benar ada. Bisnis les private biasanya tetap memiliki kantor meskipun hanya berukuran kecil. Selanjutnya, periksa alamat dari tempat les tersebut. Jangan tergesa-gesa untuk mengambil les paket jangka panjang walaupun ditawarkan dengan harga yang murah. Anda harus melihat chemistry dengan sang anak dalam beberapa kali pertemuan dan pastikan bahwa Anda mereka memiliki guru pengganti saat anak tidak cocok dengan guru sebelumnya. Meskipun Anda sedang bingung mencari guru les, jangan menyebarkan pengumuman di media sosial secara terbuka karena Anda justru akan terganggu dengan orang tak jelas yang mencoba bertindak jahil kepada Anda. Mungkin Anda bisa menyebarkan di media sosial yang lebih pribadi.
  • Mencari guru les melalui media cetak
    Biasanya les secara private juga sering dipromosikan di media cetak seperti koran. Informasi di internet biasanya lebih valid daripada di internet, namun Anda harus tetap melalukan cek ulang. Pencarian di internet memang lebih mudah dibandingkan dengan membeli koran dan memerlukan waktu untuk membuka setiap halaman. Namun, jika Anda berniat mencari guru yang tepat, cara ini tidak akan terasa sulit.
  • Menghubungi lembaga bimbingan yang terdaftar resmi
    Meskipun banyak bimbingan belajar yang mengadakan kelas untuk les, namun banyak juga yang membuka kelas privat. Les musik seperti biola memang harus private, namun kemampuan lain seperti melukis tidak memerlukan private. Kelas private yang ada di lembaga kursus pasti memasang harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan guru private perorangan karena uang yang dibayar dimanfaatkan untuk keperluan operasional dari lembaga tersebut. Oleh karena itu untuk sebagian orang yang banyak dicari guru privat. Karena cenderung lebih murah.


Tetapi keuntungan yang akan didapatkan dari lembaga kursus adalah guru privatenya sudah mempunyai kompetensi yang terjamin dan mempunyai jadwal yang lebih teratur dibandingkan dengan perorangan. Lembaga les ini biasanya menyediakan masa uji coba.

Itulah tips saat Anda ingin mencari guru les private. Jika Anda adalah orang tua dengan banyak penghasilan, maka Anda bisa langsung menghubungi lembaga kursus resmi untuk memberikan kelas private kepada anak Anda sehingga hobi, pelajaran dan bakat anak Anda dapat berkembang dengan baik. Namun, jika Anda hanya mempunyai penghasilan yang sedikit, memberikan kelas private kepada anak Anda mungkin adalah hal yang sulit karena harganya memang cukup mahal.

Tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan internet sebenarnya Anda bisa tetap memberikan kelas private untuk anak Anda dengan cara yang lebih murah. Untuk meningkatkan kemampuan bahasa misalnya, Anda bisa membuka website Preply yang menyediakan banyak materi bahasa asing dan banyak tutor yang berpengalaman. Jangan berpikir bahwa tutor tersebut adalah orang biasa, mereka adalah native speaker yang mempunyai lisensi untuk mengajar dan memiliki kompetensi sebagai seorang tutor sehingga anak Anda akan mendapatkan materi pelajaran seperti seorang guru, namun yang berbeda adalah mereka menggunakan bahasa asing menjadi bahasa utama. Kemudian, bagaimana cara belajar yang diterapkan? Metode belajar bahasa asing yang diterapkan di situs tersebut adalah melalui Skype, aplikasi untuk menelepon dan video call secara gratis dengan menggunakan internet sehingga anak bisa melihat wajah tutor mereka di laptop tanpa harus pergi jauh dan Anda tidak akan membayar banyak uang untuk kelas private.

(Penulis adalah Content Marketing Specialist di Preply ID)
Web: https://preply.com/id/