Game Cari Kata (Word Search) sebagai Alternatif Lain dalam Pembelajaran

20 November 2013 Solusi Pendidikan   |    Lie Hardy Setiady


Gamification lagi cukup mencuat sekarang sebagai salah satu alternatif untuk membantu siswa dalam lebih menikmati pelajaran dan akhirnya lebih mengerti. Salah satu game yang bisa diterapkan dalam pembelajaran adalah cari kata (word search).

Tujuan game ini adalah mencari kata - kata dalam kumpulan huruf acak dalam sebuah kotak ukuran tertentu. Dalam perkembangannya banyak jenis peraturan. Ada yang kata tersebut hanya dari kiri ke kanan atau sebaliknya ada juga yang atas ke bawah atau sebaliknya bahkan diagonal yang membuat semakin luas kata tersebut bisa ditempatkan.

Di internet sudah ada website yang menyediakan fungsi untuk membuat soal / game cari kata ini secara free, salah satunya dari http://www.discoveryeducation.com/.


Berikut tutorial untuk menggunakan alat gratis di website tersebut untuk membuat teka teki cari kata yang bisa di akses pada tautan berikut http://puzzlemaker.discoveryeducation.com/WordSearchSetupForm.asp.

Setelah mengunjungi tautan diatas kita tinggal melakukan 6 tahap yang terdapat page tersebut.

Tahap - tahap tersebut adalah:

  1. Buat judul cari kata
  2. Tentukan ukuran cari kata berapa kolom ke kiri dan berapa baris
  3. Ada option apakah boleh kata - kata tersebut dapat menggunakan huruf yang sama dengan pilihan hanya satu kali, beberapa kali atau sebanyak mungkin
  4. Pilih hasil dari keluarannya bisa berupa HTML , Text atau lowercase text
  5. Masukkan list kata - kata yang akan dicari
  6. Cek hasil teka teki cari kata yang kita buat


Lalu yang terakhir tinggal klik tombol create my puzzle

Berikut contoh cari kata yang Mr Edol buat dengan tema ibukota propinsi di Indonesia bisa di unduh / download dari attachment / lampiran dibawah artikel ini.

Masih banyak alat bantu gratis untuk pembuatan alat permainan yang bisa digunakan di sekolah dari website discovery. Nantikan review lainnya

Semoga dapat membantu pendidikan indonesia

Lampiran