Fieldtrip ke Museum Secara Online

31 Oktober 2013 Solusi Pendidikan   |    Lie Hardy Setiady


Fieldtrip yang biasanya memerlukan rencana yang panjang dan biaya yang besar sekarang sudah bisa dilakukan secara online loh, jadi tidak perlu biaya besar hanya koneksi internet saja.


Untuk diluar negeri sudah sempat dibahas disini melalui artikel Woow... Field Trip Tanpa Biaya. Memang Bisa? Ternyata di Indonesia sudah ada situs yang memungkinkan kita jalan - jalan ke museum tanpa beranjak dari bangku kita. Nama situsnya http://themuseumproject.com/ .

Di situs ini kita diajak untuk berjalan jalan ke museum dan menelusuri setiap tempat di museum tersebut. Dengan tatap muka yang interaktif kita dibawa seakan akan kita berada di museum tersebut serta dapat melihat sekeliling kita.

Selain tools interaktif tersebut juga ada keterangan singkat mengenai museum dan data detailnya bahkan ada juga biaya masuk dan jam beroperasi museum tersebut.


Untuk guru, situs ini bisa sebagai alat mengajak anak - anak murid untuk bejalan - jalan ke museum yang ada dalam list atau juga sebagai bahan referensi bila ingin mengadakan fieldtrip secara nyata ke museum tersebut.

Sementara ini ada empat museum yang sudah dapat dikunjungi pada situs tersebut yaitu:

1. Museum Konperensi AA

2. Museum Bank Indonesia

3. Museum Negeri NTB

4. Museum Puri Lukisan (Bali)

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo mulai berpetualang !